3 Strategi Pemasaran Murah Meriah Yang Bisa Dilakukan Oleh Bisnis Bermodal Kecil

By: | Tags: | Comments: 0 | Desember 22nd, 2014

3053916892_79ff5ef91c_b

Marketing sudah umum dipercaya sebagai elemen penentu bagi kesuksesan maupun kegagalan dari suatu bisnis. Tapi di tingkat bisnis skala kecil maupun Usaha Kecil dan Menengah (UKM), marketing justru masih belum menjadi fokus. Masih banyaknya pelaku UKM yang beranggapan bahwa marketing itu butuh biaya besar serta sumber daya yang terlatih, sehingga BELUM cocok bagi bisnis kecil menyiapkan strategi pemasaran karena keterbatasan dana yang dimilikinya.

Entah, sudah berapa banyak bisnis UKM yang gulung tikar karena mengikuti anggapan salah di atas. Salah karena kenyataannya, banyak kegiatan pemasaran murah-meriah bahkan GRATIS yang efektif dalam meningkatkan pendapatan bisnis-bisnis berskala kecil.

Tidak Percaya??

Kalau begitu Anda harus menyimak 3 strategi pemasaran murah meriah berikut, yang bisa dilakukan bahkan oleh para pebisnis dengan modal terbatas.

1.Buatlah Toko Online GRATIS

Membuat toko online adalah jalan paling mudah yang bisa dilakukan oleh siapa saja karena cepat dan GRATIS. Selain Itu toko online lebih praktis dalam untuk mendapatkan banyak konsumen dalam waktu relatif singkat jika dibandingkan emmbangun toko fisik di pinggir jalan.

Yang Anda perlukan hanyalah komputer atau laptop yang terhubung dengan internet, maka toko virtual Anda pun bisa dibuat. Tidak hanya mudah, namun juga cepat, kurang dari 5 menit. Salah satu situs yang memberikan jasa pembuatan toko online GRATIS yang juga memberikan pilihan desain website toko online sesuai dengan keinginan adalah YukBisnis.Com

 2. Tempelkan Stiker Di Pusat Keramaian

Mungkin cara ini terlihat kuno, tapi cukup efektif dalam mempromosikan bisnis Anda. Stiker kecil tentang usaha Anda bisa dibuat secara menarik dan kemudian ditempelkan di tempat-tempat umum, terutama tempat-tempat di mana banyak orang menunggu dan antre seperti toilet, halte dan angkutan kota. Atau Anda juga bisa memberikan stiker mobil gratis di tempat parkir yang bertuliskan nama dan foto tempat usaha Anda.

3. Bekerja Sama Dengan Bisnis Lain Yang Memiliki Banyak Pelanggan

Untuk melakukan strategi kolaborasi ini, akan lebih efektif bila bisnis Anda sudah cukup berkembang dan telah memiliki banyak pelanggan. Sehingga bisa memberi hubungan yang saling menguntungkan dengan partner kolaborasi Anda. Kolaborasi yang bisa dilakukan di sini adalah dengan saling mempromosikan bisnis masing-masing. Anda mempromosikan bisnis partner Anda dengan menaruh barangnya, atau menyediakan dinding promosi baginya dan begitupun sebaliknya. Inilah strategi pemasaran yang murah (Bahkan Gratis!) namun tetap efektif. Sedikit tips untuk Anda, carilah partner kolaborasi yang memiliki jenis usaha yang berbeda dengan Anda. Misal, jika Anda bebisnis jasa cuci mobil, jangan berkolaborasi dengan pebisnis cuci mobil juga. Jatuhnya, bisnis Anda berdua akan saling “Sikut-Sikut-an”.  Carilah pebisnis makanan ataupun bidang bisnis lainnya.

Itulah beberapa strategi pemasaran yang murah meriah untuk bisnis Anda. Selamat mempraktekan dan semoga sukses!

Sumber: YukBisnis.Com

Leave a Reply

3 × one =