3 Tips Memilih Asuransi Unit Link Terbaik

By: | Tags: | Comments: 0 | Agustus 7th, 2014

Paling bijak dalam memilih asuransi adalah sesuai tujuan. Jika Anda punya tujuan perlindungan sekaligus investasi, maka asuransi unit link jawabannya. Asuransi unit link adalah jenis produk asuransi yang mengkombinasikan asuransi serta investasi. Jadi, Anda mendapatkan dua manfaat sekaligus, yaitu perlindungan asuransi dan investasi.

Untuk tujuan asuransi, premi berfungsi seperti umumnya asuransi. Sedang yang ditujukan untuk investasi, ada empat jenis ditinjau dari penempatan investasinya. Yaitu:

  • Unit link pasar uang (unit cash fund unit link).
    Investasi ditempatkan di instrumen pasar uang, seperti Sertifikat Bank Indonesia (SBI), deposito berjangka, dan surat uang dengan tenor kurang dari satu tahun. Jenis investasi unit link ini tepat bagi Anda yang bertipe investor konservatif. Sebab resiko investasinya sangat rendah.
  • Unit link pendapatan tetap (fixed income fund unit link).
    Investasi pada unit link jenis ini sebagian besar ditanam di instrumen surat utang dan sebagian kecil di pasar uang. Porsi investasi di surat utang minimal 80 persen. Investasi unit link jenis ini punya kelebihan pada tingkat keuntungan yang lebih stabil. Jadi jika Anda tergolong orang yang ingin keuntungan yang lebih stabil, unit link jenis ini yang bisa dipilih.
  • Unit link pendapatan campuran (managed fund unit link).
    Investasi dilakukan beragam, seperti di obligasi, saham, atau pasar uang. Unit link yang ini tepat bagi yang mengincar hasil investasi besar dan untuk jangka panjang.
  • Unit link saham (equity fund unit link).
    Unit link ini biasanya menempatkan dananya di saham. Anda bisa memilih jenis investasi ini jika Anda tergolong “pemberani” karena resiko yang tinggi. Sesuai dengan sifat saham yang “high return, high risk”.

Untuk memilih asuransi unit link terbaik, Anda bisa ikuti tips berikut ini.

  1. Lihat perusahaan.
    Cari tahu mengenai perusahaan asuransi yang mengeluarkan produk unit link tersebut. Apakah perusahaan asuransi tersebut sehat dan baik reputasinya? Jika iya, Anda bisa pertimbangkan memilih produknya.
  2. Lihat manfaat.
    Apa saja manfaat yang ditawarkan dari produk asuransi tersebut.
  3. Pelajari biaya. Pada asuransi unit link juga melekat biaya-biaya. Seperti biaya administrasi, biaya pengelolaaan investasi dan biaya asuransi. Biaya-biaya tersebut di luar biaya asuransi. Anda bisa bandingkan antar produk asuransi unit link. Sehingga Anda bisa tahu produk asuransi unit link terbaik bagi Anda.

Salah satu produk asuransi unit link adalah Asuransi X-Tra Premier Investa. Produk dari CIMB Sun Life ini punya keistimewaaan mengunci harga unit tertinggi untuk melindungi nilai dana investasi Anda. Selain tentunya, melekat manfaat asuransi seperti karena kematian atau jatuh tempo.

 

Leave a Reply

5 × one =