266x266

500 Siswa SLB di Bekasi Dibekali Pelatihan Toilet

By: | Tags: | Comments: 0 | September 1st, 2014

img-20140826-wa0002

Bisnis.com, JAKARTA – Perusahaan pembuat suku cadang kendaraan Denso Corp. dan Wheelchairs and Friendship Center of Asia (WAFCA) bekerja sama dengan Komunitas Ilmu Berbagi dan Rumah Cita Kita menggelar edukasi kesehatan bagi lebih dari 500 siswa berkebutuhan khusus di Bekasi.

Pelatihan yang fokus terhadap edukasi penggunaan toilet dan perilaku hidup sehat dan bersih tersebut diselenggarakan pada 25-29 Agustus 2015 di lima Sekolah Luar Biasa.

Ketua Pelaksana dari Komunitas Ilmu Berbagi Muhammad Yuliansya menjelaskan kegiatan bertema Our Accessible Toilet Mobile Training tersebut bertujuan untuk membantu menyalurkan dana CSR Denso Corp. kepada siswa berkebutuhan khusus yang kekurangan akses terhadap fasilitas kesehatan.

“Kegiatan ini didasarkan pada keprihatinan karena masih terbatasnya akses warga berkebutuhan khusus terhadap fasilitas kesehatan termasuk toilet,” paparnya kepada Bisnis.com, Jumat (29/8/2014).

Peserta pelatihan yang merupakan siswa setingkat SD-SMA tersebut dilakukan dengan pemaparan materi, permainan serta praktik langsung penggunaan toilet yang benar.

Pelatihan tersebut disertai dengan pembangunan fasilitas toilet duduk di sekolah yang selama ini belum memiliki toilet yang mengakomodasi kebutuhan siswa berkebutuhan khusus terutama penyandang tuna daksa.

Selain itu, diserahkan juga kursi roda yang dimodifikasi dan disesuaikan bagi setiap siswa yang membutuhkan.

“Kegiatan ini merupakan pilot project dan baru pertama kali dilakukan di Indonesia, diharapkan ke depannya akan lebih banyak siswa difabel yang mendapatkan fasilitas serupa,” imbuhnya.

Sebelumnya, pelatihan yang merupakan kegiatan sosial kemanusiaan perusahaan asal Jepang tersebut telah dilakukan di Thailand dan Jepang.

Leave a Reply

18 + five =