Batu Giok

By: | Tags: , , , | Comments: 0 | Januari 9th, 2015

Apakah Batu Giok itu ?
Giok atau jade adalah sejenis batu “permata hijau” adalah salah satu dari jenis batu permata yang di dalamnya terdiri dari banyak unsur mineral yang telah ditemukan dan digunakan oleh bangsa timur selama beribu-ribu tahun lalu.

Darimana asal Batu Giok ?
Batu Giok banyak yang berasal dari daerah Tibet, Tiongkok dan Birma sebagai komoditas ekspor.

Dipercayai bahwa batu Giok mempunyai khasiat
1. Ketenangan,
2. Kegembiraan
3. Kesehatan
4. Keselamatan.
5. Anggun dipakai wanita, Berwibawa dipakai orang pria

Manfaat Batu Giok asli ( khusus bagi yang menyakini saja ) tidak perlu diperdebatkan :

  1. Pembawaan giok asli dingin yang memakainya bisa lebih sabar.
  2. Giok asli bisa melindungi keselamatan si pemakai nya
  3. Giok asli bisa menstabilkan kesehatan si pemakai nya
  4. Jangan salah, dipasaran banyak Batu Giok yang menyerupai bentuk dan warna aslinya, oleh karena itu kami ingin sharing bagaimana cara membedakan Giok yang asli dan yang palsu.

“ Cara yang paling mudah untuk mengetahui asli dan palsu bisa dilihat dari warna dan teksturnya.
Giok asli

  1. Indeks warnanya kuat dan tidak berubah warna baik di bawah matahari maupun di dalam ruangan.
  2. Teksturnya halus dan padu.
  3. Kilaunya bahkan bisa bertahan hingga sepuluh tahunan.
  4. Giok asli kelas perhiasan dipasaran mulai harga Rp 200.000 hingga Ratusan Juta Rupiah.
  5. Giok asli, banyak dipasarkan melalui online, meskipun tak mempunyai sertifikat keaslian.
  6. Giok asli Aceh mendapat kepercayaan dari para pembeli
  7. Giok asal Aceh tidak ada yang palsu karena warga Aceh yang bergelut di bisnis ini tidak mau terima yang palsu lantaran ongkos tempahnya lebih mahal daripada harga jual.

Tapi giok palsu sebaliknya

  1. Warna giok palsu saat di bawah sinar matahari terlihat hijau, tapi jika di bawah sinar dalam ruangan berubah menjadi hijau gelap ataupun hitam.
  2. Teksturnya kurang padu dan kilaunya memudar dalam tempo dua tahunan.
  3. Giok palsu cukup Rp 50 ribuan saja sudah dapat.
  4. Giok imitasi atau tiruan kebanyakan dijual di pasar tradisional atau dijajakan oleh pedagang keliling
    Diakuinya bahwa memang banyak warga yang tidak bisa membedakan antara giok asli dengan yang palsu, sehingga mereka tertipu. Jadi, giok palsu itu mereka miliki bukan karena mereka suka giok tiruan, melainkan karena biasanya tertipu. “Sementara harga jual kembali giok asli tidak ada standar karena kebanyakan orang membelinya untuk koleksi pribadi guna dipakai sehari-hari,” paparnya.
    Di sisi lain warga yang menemukan giok agar melapor ke pihak pemerintah karena itu merupakan kekayaan negara. Kekayaan tersebut merupakan milik bersama dan bisa dipergunakan secara bersama melalui koperasi dengan membangun industri rumah tangga. Sebaliknya, aksi penyelundupan bahan baku berupa batu alam, termasuk giok, jelas mengurangi nilai tambah dan merugikan negara.

Tentang Giok bagi kehidupan manusia

Dengan perkembangan IPTEK yang semakin pesat, sehingga sulit bagi penggemar giok membedakan mana yang giok hidup dan mana yang giok mati. Cara yang terbaik harus dipakai tempel kebadan ( kalung ) atau temple kejari ( cincin ), paling cepat 1 tahun – 2 tahun dan paling lama bisa 4 tahun – 5 tahun, giok asli yang hidup pasti timbul bintik bintik hijau lama kelamaan akan melebar bagaikan awan hijau yang indah menawan. Perhatikan pernyataan testimonial berikut ini : Pada tahun 1983 saya ada titip beli giok asli dari HongKong, setelah dipakai 3 bulan, warna giok bisa tambah gelap sampai saya pakai 3 tahun warna giok tetap seperti semula tambah gelap sedikit, akhir nya saya lepas dari jari tidak dipakai lagi, warna giok dari gelap sedikit kembali menjadi warna terang, tidak timbul bintik bintik sedikitpun, kesimpulan saya giok yang selama ini saya pakai bukan giok asli hidup melainkan giok proses. Selama ini banyak penggemar giok membeli giok dari China, hampir setiap kota di China ada Toko Negara khusus menjual giok asli menurut keterangan pegawai Toko, giok asli hidup.Banyak penggemar permata Giok asli yang sudah tahu bahwa batu giok asli ( dalam pengertian ASLI adalah batu alam Giok dari alam, yang tidak pernah diproses batu atau warna) dan setelah dipakai ( kena hawa manusia ) keluar bintik bintik hijau tua, titik titik hijau tua itu bisa melebar bagaikan awan awan hijau yang cukup menarik. Giok yang jenis ini yang ada manfaatnya bagi pemakainya. Giok hidup ibaratkan sebuah pohon yang hidup, proses alami seperti ini, giok asli dari alam bagaikan sebatang pohon hidup . Giok asli kena hawa manusia bagaikan pohon hidup disiram air dan pupuk .

Batu perhiasan dan kesehatan
Selama perjalanan sejarah setelah ditemukan, giok telah dikenal sebagai asesoris dan perhiasan selama ribuan tahun yang lalu oleh peradaban manusia. Bahkan juga diagungkan sebagai “batu penyelamat” bahkan sebagai “batu kesehatan” oleh suku-suku bangsa di Asia Timur dan di benua Afrika ataupun Amerika termasuk oleh suku Maya dan Inca.
Bahkan dalam dunia medis dewasa ini juga dipercaya dapat meningkatkan kesehatan yang juga telah dipakai dalam peradaban manusia pada ribuan tahun lalu. Hal ini banyak tercatat dalam banyak buku kesehatan kuno dan diakui sebagai salah satu sumber energi alam.
Dalam dunia kesehatan batu Giok banyak digunakan untuk:

  1. Meningkatkan sirkulasi darah
  2. Anti penuaan dini
  3. Meningkatkan kekebalan tubuh
  4. Menghilangkan keletihan
  5. Batu giok juga banyak dipakai pada saat terapi pijat ceragem.
  6. Selain itu dalam penyelidikan menunjukkan bahwa batu giok mengandung banyak elemen penting seperti kalsium, potasium, besi dan magnesium.

Mengapa batu Giok diburu kolektor

Dikenal sebagai anti panas

  1. Mengenai sifat tahan panas, hal ini sangat bertentangan dengan hukum alam. Batu giok yang memiliki thermal diffusivity atau sifat menyebarkan panas 0,0160 cm2/detik, jadi kalau dipanasi di satu titik, temperaturnya akan naik lebih cepat dibandingkan dengan beberapa jenis batuan lain seperti :
  1. obsidian atau batu kendan dari Garut (0,00688 cm2/detik),
  2. Batuan phrehnit berwarna hijau dari Kalimantan Selatan (0,0145 cm2/detik).
  1. Mengenai sifatnya yang dingin, batu giok memang lebih dingin dari kebanyakan batuan lain seperti obsidian, serpentin, atau prehnit, karena batu giok memiliki thermal inertia atau kelembaman panas lebih tinggi. Tetapi apabila dibandingkan dengan mineral kelompok kwarsa, ternyata kelembaban panasnya seimbang sehingga rasa dinginnya pun dapat dipastikan sama.
  2. Dengan demikian sungguh sulit dimengerti dan diterima dengan akal sehat kalau di antara para pemburu atau penguji batu giok (disebut tester) khususnya di indonesia mensyaratkan bahwa batu giok yang dicari harus Anti panas atau tidak berubah suhunya jika dipanasi selama 15 menit, terasa dingin dan seperti ruangan ber AC.
  3. Para Peneliti Batu Giok / Jade seluruh Dunia pasti akan tertawa mendengar pengakuan bahwa pedagang / makelar / buyer indonesia mencari batu giok yang jika di panasi dengan api selama 15 menit, maka batu giok tersebut tidak akan terasa panas sedikitpun. Konon Giok anti panas ini, Buyer indonesia memasang harga beli mulai dari Rp. 300 Juta / Kg hingga sampai Rp. 1 Milyar / Kg.
  4. Dengan persyaratan khusus tersebut umumnya dilakukan oleh para pemburu yang biasanya bertindak sebagai perantara dari bos mereka yang alamatnya dirahasiakan. Konon bos mereka dipercaya oleh kedutaan besar Amerika Serikat dan atau CIA untuk mencari batu giok untuk keperluan pesawat angkasa dari Lembaga Antariksa Amerika Serikat atau NASA. Para pemburu ini biasanya membawa beberapa orang teman yang salah satunya sebagai tester atau penguji. Pihak penjual atau perantara biasanya memberikan penjelasan bahwa batu giok yang akan mereka jual berasal dari warisan nenek moyang atau didapat dari penggalian harta karun atau bahkan didapat secara ghoib. Alasan penjualan untuk mendirikan atau merenovasi pesantren. Harga yang mereka tiupkan sangat fantastis berkisar dari Rp. 300 juta sampai dengan Rp. 1 Milyar per kilo gram.
  5. Dari kenyataan tersebut, kita dapat berhipotesis deskriptif bahwa perburuan batu giok ini kemungkinan besar dikendalikan oleh bos-bos profesional yang mengerti betul tentang seluk – beluk batu giok. Mereka yakin bahwa di Indonesia masih tersimpan beragam jenis giok yang berasal dari negeri Cina. Hal ini bukan sesuatu yang mustahil mengingat eratnya jalinan dagang antara raja-raja di negeri Cina dengan raja-raja di Indonesia yang berlangsung sejak ratusan tahun yang lalu. Dengan memancing para pemilik dan kolektor dengan harga yang semu tinggi, diharapkan bahwa pada suatu saat mereka akan dapat memperoleh giok – giok antik atau giok berwarna hijau sprite jenis imperial yang kalau diproses menjadi perhiasan harganya akan jauh berlipat. Hal ini rupanya cukup dimengerti oleh para seniman, baik di Indonesia, di Cina ataupun di Taiwan, sehingga mereka menciptakan giok tiruan dan giok imitasi yang sifat-sifatnya secara sekilas hampir menyerupai giok asli.
  6. Dengan sedikit pengalaman dan kehati-hatian, misalnya dengan testing kekerasan dan testing berat jenis, pasti akan dapat segera diketahui, apakah giok yang ditawarkan benar-benar giok asli, giok tiruan atau giok imitasi .
  7. Nah setelah misteri dibalik perburuan batu giok ini terungkap, semoga kita tidak akan terpengaruh lagi untuk ikut-ikutan berburu atau menjadi perantara dalam jual – beli batu giok misterius yang selama ini tidak saja memberikan harapan hampa kepada pelakunya melainkan juga kerugian materiel. Sudah banyak orang yang hancur rumah tangganya dan bangkrut terkuras uangnya gara gara berburu batu giok yang aneh-aneh dan tidak pernah ada ini.

Berapa kisaran harga

Rp. 200.000 hingga Ratusan Juta rupiah

 

Bentuk dan ukuran
Batu giok menjadi batu yang paling diminati dalam hal perhiasan, medis dan juga keunikannya sehingga batu ini juga mempunyai banyak model tergantung pada saat batu itu diasah dan dibentuk.
Dalam sejarahnya, batu giok adalah satu-satunya jenis batu permata yang diasah dan dibentuk dalam banyak ukuran dan model. Giok diasah dan dibentuk mulai dari seukuran meja, patung besar hingga patung kecil, liontin, anting, cincin hingga sebesar kancing. Bentuknya juga bermacam-macam, mulai dari yang berbentuk patung Buddha, patung naga dan patung lainnya, juga berbentuk kotak, lonjong, oval, persegi tiga hingga persegi banyak. Selain bentuknya, warna dari giok pun beraneka ragam, mulai dari putih, kuning, merah hingga yang paling populer berwarna hijau.

Test Keaslian Giok
Taruhlah rambut dan bakarlah, maka rambut tidak akan terbakar
Untuk mendapatkan Giok yang bermutu berikut kami sharingkan mengenai gradasinya
GIOK GRADE A
ciri-ciri khusus:

  • Bila dalam bentuk gelang coba pukul giok tsb dengan alat pemukul yang terbuat dari kaca atau bisa juga dengan memukulkan batu tsb dengan yang lainnya. seperti membunyikan lonceng,maka bila batu itu mengeluarkan suara berdenting,dan dentingannya tinggi seperti gelas kaca yang dipukul maka giok tsb adalah grade A. cara ini juga yang digunakan untuk membedakan giok asli atau palsu.
  • Warna giok grade A adalah ijo tossa seperti dan berwarna dasar putih susu baik tidak transparan ato transparant,seperti gambar ini namun,warna giok ini tidak hanya seperrti gambar ada juga hijau,gelap

GIOK GRADE B
Sama seperti giok grade A tetapi bunyi dentingannya tidak setinggi giok grade A
dan untuk warna giok grade B tidak sehijau/pudar/lebih gelap dari pada giok Grade A, seperti gambar

GIOK GRADE C
Sama seperti grade A,B grade C ini juga mengeluarkan bunyi dentingan tetapi biasanya tidak jauh berbeda dengan grade B. Yang sangat mencolok dari grade C ini adalah warnanya tidak sesegar,dan se adem grade diatasnya coba liat gambar,dan bandingkan..dengan gambar yang diatasnya.

kesimpulan,
GRADE A,B,C : tidak bisa dibedakan hanya dengan Tips singkat ini, tetapi masih ada beberapa factor pertimbangan seperti : Kejernihan Batu – Warna Batu- struktur permukaan batu dll. Perlu anda ketahui bahwa Grade Batu Giok yang palin hakiki bukanlah dari warna, karena batu Giok memeiliki beberapa warna yang sangat beragam. Yang paling menjadikan bahan pertimbangan adalah : Struktur – Kejernihan – Komposisi warna – Fracture of Surface, Skin Caracteristic dimana semua ini dapat diketahui dan dilakukan oleh ahli Gemologist.
SIFAT BATU GIOK

Batu telah dikenal sejak lebih 10.000 tahun lalu. Sifat – sifatnya yang sangat istimewa seperti kekerasannya, berat jenisnya, sentuhannya, kilapnya dan konon keampuhannya dalam melindungi pemakainya dari segala jenis mara –bahaya menyebabkan batu giok memiliki daya tarik tertinggi dalam sejarah kebudayaan Cina. Sampai saat ini batu giok masih dipercaya sebagai simbol kesucian, keningratan dan perlindungan. Sungguhpun penghargaan terhadap batu giok tidak pernah memudar sampai saat ini, penilaian terhadap jenis dan keasliannya telah banyak berubah. Beragam variasi batuan yang sebelumnya dianggap sebagai giok, ternyata tidak sedikit yang palsu/tiruan
Batu giok yang dinyatakan asli di Dunia ini hanya dua jenis batuan yaitu :

  1. Nefrit (nephrite)
  2. jadeit (jadeite).

Berbeda dengan nefrite yang dikenal luas dalam kebudayaan Cina sejak zaman Neolitikum (6000 tahun sebelum Masehi), jadeit baru muncul pada pertengahan abad ke 18 yaitu pada masa Dinasti CHING (1644-1912). Jadeit yang asal-usulnya diimpor dari wilayah Burma, memiliki sifat-sifat yang berbeda dari nefrit, baik secara mineralogi ataupun gemologi. Mineral penyusunnya piroksen sedangkan nefrit amfibol, berat jenisnya lebih besar, transparansinya lebih tinggi dan warnanya lebih hidup dan lebih beragam. Di perdagangan, jadeit dihargai jauh lebih tinggi dari nefrit. Di antara sifat-sifat yang disyaratkan oleh para pemburu batu giok di Indonesia seperti tahan gores, tahan panas dan terasa dingin, hanya sifat tahan goreslah yang dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah. Hal ini dapat dimaklumi karena kekerasan batu giok cukup tinggi yaitu (dalam skala Mohs) sekitar 6,5 untuk nefrit dan 7,0 untuk jadeit. Sifat tahan gores ini merupakan metode pertama dalam membedakan giok asli dengan giok palsu, Tapi bagaimana cara & alat apa yang kita pakai untuk menggoresnya ?

Ditulis oleh Sapodo Bertoes
Sumber : www.akikmurah.com
Foto : www.batu permata.com

Leave a Reply

nineteen − 2 =