Berapa Banyak Sebenarnya Takaran Kafein Yang ‘Banyak’?

By: | Tags: | Comments: 0 | Oktober 24th, 2014

berapa-banyak-sebenarnya-takaran-kafein-yang-banyak
 Ladies, Anda pasti tahu bahwa salah satu syarat Anda bisa menjaga kesehatan adalah dengan menjaga asupan kafein agar tidak terlalu banyak setiap harinya. Namun seberapa banyak sebenarnya arti kata ‘banyak’ itu sendiri?Toleransi setiap orang dalam mengartikan kata ‘banyak’ sebenarnya juga beraneka ragam. Ada orang yang memang tidak mendapatkan efek apa-apa jika minum kopi, namun ada yang hanya minum sedikit saja namun sudah merasa berdebar dan tidak bisa tidur. Jadi, berapa banyak sebenarnya Anda harus membatasi asupan kafein?Menurut www.mayoclinic.org, takaran sehat kafein untuk orang dewasa adalah sekitar 400 miligram (mg) per hari. Takaran itu diperkirakan sama dengan jumlah kafein dalam empat cangkir kopi seduh. Meski memang penggunaan kafein aman untuk orang dewasa, namun bukan ide yang bagus jika Anda minum kopi setiap hari dan dalam gelas besar.

Untuk anak remaja atau kisaran usia dibawah 20 tahun sebaiknya tidak mengonsumsi kafein di atas 100 mg per hari, atau hanya cukup satu cangkir kopi per hari. Tidak menutup kemungkinan bahwa kafein yang berlebihan akan membahayakan kesehatan, terutama karena waktu istirahat Anda yang menjadi kurang karena Anda mengorbankan waktu tidur untuk otak.

Penggunaan kopi atau konsumsi kopi per hari dengan takaran kafein melebihi 500-600 mg per hari dapat menyebabkan efek samping seperti insomnia, gugup, gelisah, lekas marah, perut kembung, detak jantung cepat dan bahkan tremor otot. Beberapa orang mungkin tidak mengalami efek yang parah dna sebagian mungkin akan lebih parah dari itu.

Jadi, ketahui toleransi Anda terhadap kafein dan perkirakan seberapa banyak yang pantas Anda konsumsi setiap harinya. Dengan begini, Anda bisa mendapat manfaat dari kopi tanpa harus mengorbankan kesehatan Anda.

Sumber : Vemale.com

Leave a Reply

17 + 8 =