Cara Beternak Rangrang

By: | Tags: | Comments: 0 | Desember 2nd, 2014

Berikut “ Team The Coach Community “ menyajikan hasil study Lapangan “ Beternak Rangrang “ disajikan khusus untuk para anggota The Coach dimanapun anda berada. Study Lapangan ini kami sajikan berdasarkan kunjungan langsung ke peternak Rangrang dan beberapa diantaranya melakukan wawancara dari para peternak Rangrang di kota Surabaya dan pengguna/konsumen, di wilayah Surabaya dan sekitarnya:

  1.  Memilih Lokasi
  2. Tempat/kandang yang ideal
  3. Mencari Bibit
  4. Memberi makan
  5. Perawatan
  6. Panen
  7. Ilustrasi Kebutuhan pasar
  8. Cara Menjual
  9. B.E.P Break even point

Informasi Tempat pelatihan

1. Memilih Lokasi

Angrang atau disebut Rangrang atau Rangrang merah : tergolong binatang yang menyukai udara yang bersih dan sangat anti dengan udara berpolusi. Makanya kegiatan ini jarang dijumpai di daerah perkotaan karena kita ketahui bersama bagaimana keadaan udara di daerah perkotaan. Bisnis ini memang kami design khusus untuk teman-teman anggota the coach yang bertempat tinggal didaerah, dan memilihi lahan yang cukup. Memang tidak menimbulkan polusi, tetapi bagi orang kota pemandangan ini membuatnya tidak nyaman, bahkan takut untuk mendekat, ya masasalahnya takut jika digigit/disengatnya.

2.Tempat/kandang yang Ideal

Rangrang mempunyai kemampuan untuk beradaptasi terhadap perubahan kondisi lingkungannya. Mereka selalu berusaha mendapatkan makanan dan tempat tinggal dalam kondisi optimal. Bagaimana kondisi ideal bagi Rangrang untuk bersarang?
1. Sedikit gangguan dari manusia,
2. Cukup Makanan,
3. Tersedia daun cukup lebar namun lentur atau daun kecil tapi banyak,
4. menyukai lingkungan dengan suhu antara 26-34°C dan kelembaban relatif antara 62 sampai 92%.
Perhatikan karakter rangrang rangrang ini : di alam sekitar, Rangrang menyukai pohon-pohon yang tinggi seperti pohon kedondong (Spondias dulcis) atau pohon mangga (Mangiferasp.). Pada suhu 30°C, telur akan berubah menjadi Larva dalam jangka waktu sekitar 8 hari. Selanjutnya Pupa setelah hari ke-17 dan rangrang pekerja dewasa pertama muncul setelah 28 hari. Tahap pertumbuhan rangrang dimulai dari telur menjadi larva, pupa, kemudian rangrang dewasa. Telur berukuran sangat kecil, kira-kira 0.5 mm x 1 mm dan berbentuk elips, berwarna putih.. Sedang Larva mempunyai kulit yang halus, putih seperti susu, tidak berkaki dan tidak bersayap, sudah terbentuk mata dan mulut. Selanjutnya Pupa menyerupai rangrang dewasa namun tidak aktif dan berwarna putih. Selanjutnya Pupa akan menjadi rangrang yang berubah warna sesuai dengan kastanya.

potonganbambu   rangrang1    rangrang2 rmhrangrang     toples

Media yang biasa digunakan untuk tempat sarang rangrang adalah Bambu dan toples plastik atau pipa.  Apabila kita menggunakan toples maka buatkan lubang pada toples tersebut dengan  diameter 1 cm dibagian samping atas toples, hal ini penting karena lubang kecil ini nantinya akan dijadikan jalur  untuk keluar masuk rangrang rangrang tersebut pada saat mengambil pakan yang berada diluar toples.

Setelah toples dilubangi maka rangrang siap untuk dimasukan, setelah rangrang masuk pada toples maka tutup lubangnya sekitar 2-3 jam hal ini dilakukan supaya rangrang yang baru mendiami toples tersebut dapat beradaptasi  di dalam toples tersebut.

Apabila anda ingin menggunakan pipa pvc atau paralon maka yang harus diperhatikan ukuran pipa tersebut, ukuran pipa yang akan digunakan yang memiliki ukuran 1,5 atau 2 inci, dan perlu diperhatikan bahwa ukuran ini sangat berpengaruh terhadap produktifitas rangrang tersebut ketika menghasilkan kroto. Potonglah pipa tersebut dengan ukuran panjang 20 cm, ukuran ini untuk memudahkan penyimpanan pipa tersebut di atas rak.

3. Mencari Bibit

Langkah pertama adalah kita cari sarang ratu rangrang rangrang / rangrang merah penghasil kroto. Perlu kerja keras untuk mengetahui satu per satu sarang rangrang rangrang / rangrang merah untuk menemukan sang ratu. Begitu kita temukan, potong cabang tempat rangrang bersarang dan kita letakkan kesetangkai dahan tanaman agar mereka cepat nyaman di tempat baru, suguhi dengan bangkai serangga dan cairan manis. Tetapi zaman sekarang untuk mencari bibit rangrang tidak sesulit itu, artinya anda bisa membeli bibit dengan modal harga Rp 50 ribu-Rp 60 ribu/toples ditempat-tempat pembibitan ( lihat di halaman paling bawah/lihat referensi ).

 

Dalam satu koloni terdapat beberapa tipe individu, yaitu yang pertama adalah :

Ratu rangrang. Dalam tiap-tiap koloni yang terdiri dari satu atau beberapa sarang, dapat ditemukan satu atau beberapa ekor ratu rangrang. Ratu rangrang mudah dikenali karena tubuhnya lebih besar, berwarna hijau hingga coklat dengan perut besar dan menghasilkan banyak telur.

Kedua adalah rangrang jantan, biasanya tubuhnya lebih kecil daripada ratu rangrang, berwarna kehitam-hitaman dan hidupnya singkat. Setelah mengawini ratu, ia mati. Di laboratorium rangrang jantan dapat hidup selama 1 minggu, sedangkan ratu rangrang dan rangrang pekerja dapat hidup beberapa bulan.

Ketiga adalah rangrang pekerja, rangrang pekerja adalah rangrang betina yang mandul. Mereka tinggal di dalam sarang dan merawat rangrang-rangrang muda.

Terakhir adalah rangrang prajurit merupakan anggota yang paling banyak jumlahnya alam koloni dan bertanggung jawab untuk semua aktivitas dalam koloninya. Mereka menjaga sarang dari serangan pengacau, mengumpulkan dan membawa makanan untuk semua anggota koloninya, serta membangun sarang.

Sekali lagi peran manusia dengan menyediakan cairan manis, bangkai hewan-hewan kecil, tulang atau sisa makanan berdaging lainnya akan meningkatkan produksi. Sarang atau koloni rangrang rangrang / rangrang merah penghasil kroto di dalam satu pohon bisa mencapai lebih dari satu, yang terdiri atas sarang pusat, sarang telur, dan sarang satelit. Sarang pusat biasanya terletak di tajuk pohon. Di sarang pusat ini berdiam ratu rangrang, yang jumlahnya mencapai 2-6 ekor per koloni.

Ratu rangrang berukuran paling besar. Sarang telur, berukuran sedang, merupakan tempat telur dan larva rangrang. Sarang satelit tersebar di tempat-tempat tertentu di pohon sebagai pos terdekat gudang makanan. Ini salah satu cara bertahan dari pengganggu atau musuh alami.

4. Memberi Makanan

Makanan dan minuman Rangrang kenyataanya memang sangat beragam, mulai daging hewan-tulang, serangga, ulat dan sebagainya, termasuk minumannya juga beragam muali dari air hujan, embum yang menempel didahan hingga rembesan air sari bunga bungaan. Namun secara garis besarnya makanan dan minuman rang rang dapat diklasifikasikan ke dalam dua kelompok besar saja , yaitu

Kebutuhan akan Protein

Kebutuhan akan minuman yang bersifat manis /Gula.

Tidak seperti jenis rangrang lain, Rangrang adalah jenis rangrang yang lebih menyukai protein dan sari manis atau gula. Protein dapat ditemukan pada Tulang ayam, ikan, Ulat, tikus dan serangga. Rangrang aktif mencari makanan dan membawanya ke dalam sarang untuk seluruh anggota sarang keluarga mereka. Untuk mendapatkan gula, rangrang rangrang lebih suka mencari cadangan gula seperti embun madu (yang dikeluarkan oleh serangga pengisap cairan bunga dari sebuah tanaman) atau nektar. Embun madu tersebut diperlukan sebagai energi tambahan pada periode awal pembangunan sarang. Makanan lain yang bisa diberikan seperti : Bangkai tikus, tulang hewan yang mati, ulet Hongkong jangkrik, belalang, cacing tanah, adalah-santapan-yang-biasa-dimakan-oleh-rangrang.

5. Perawatan

1. Pemberian Pakan
Pemberian pakan merupakan hal yang pertama dan utama dalam budidaya kroto. Ada beberapa jenis pakan yang bisa kita berikan untuk budidaya kroto, di antaranya adalah ulat hongkong, jangkrik, ulat daun pisang, sumsum tulang, cicak, dan serangga lainnya. Disarankan untuk mempermudah pemberian pakan dan murah yaitu dengan ulat hongkong. Ulat hongkong bisa kita dapatkan dengan cara membeli dari toko pakan burung dengan harga Rp. 2.000,- per ons. Untuk lebih menghemat biaya produksi, kita bisa memelihara rangrang hongkong sendiri. Pemberian pakan bisa dilakukan sehari sekali, kuncinya jangan sampai pakan habis, pakan harus selalu tersedia, karena rangrang rangrang aktif setiap saat untuk mencari dan mengumpulkan makanan.

2. Pemberian Minum
Pemberian minum dapat dilakukan seminggu sekali yang penting jangan sampai air minum kering, karena air minum sangat mempengaruhi produksi kroto. Pemberian air minum ditempatkan pada tempat yang rendah, misalnya tutup galon air minum. Air minum dibuat dengan gula pasir yang ditetesi air sedikit agar meleleh atau larut dengan sendirinya dan hasilnya cairan kental.

3. Menjaga kebersihan kandang
Budidaya apapun, kebersihan sangat mempengaruhi hasil budidayanya, apalagi dalam budidaya kroto, rangrang rangrang sangat menyukai tempat yang bersih dari segala hal, misalnya sisa makanan dan lainnya. Menurut pengamatan di lapangan, yaitu pada habitat aslinya, rangrang selalu membuat rumah atau sarang baru, baik pada pohon yang sama ataupun pada pohon baru. Hal itu dilakukan karena sarang yang lama sudah kotor dan tidak nyaman lagi, juga karena kebutuhan berkembang biak bagi rangrang untuk meneruskan keturunannya. Untuk menjaga kebersihan bisa kita lakukan setiap kali memberi pakan, yaitu dengan menggunakan kuas kecil untuk membersihkan segala jenis kotoran yang terdapat pada rak budidaya kroto.

4. Mengganti air pada wadah kaki rak
Air pembatas pada wadah kaki rak berguna untuk membatasi dan mencegah agar rangrang tidak melarikan diri dari kandang atau rak. Selain air bisa juga menggunakan oli bekas.
Air harus sering diganti paling tidak seminggu sekali, karena dikhawatirkan untuk tempat bersarang nyamuk.

5. Hidari dari suara bising dan udara berpolusi, hewan ini tidak suka rumahnya kotor, jika rumahnya menjadi kotor maka rangrang akan membuat sarang baru. Proses membuat sarang membutuhkan waktu dan hal inilah yang akan emnghambat ratu bertelur. Waktu berjalan terus produktifitas tidak maksimal, karena rangrang sibuk membuat rumah baru yang nyaman.

6. Cara Panen

Berikut yang harus di siapkan:

Sarung tangan karet untuk melndungi supaya kulit kita terbebas gigitan rangrang secara langsung

Tepung pati : digunakan untuk melumuri sarung tangan dan dinding ember agar kondisinya licin sehingga tidak lari keluar ember, yang berakibat menyerang oranglain atau hewan lain.

Ember 2. ( dua ) buah : satu untuk tempat membongkar toples, sedangkan yang ke dua untuk tempat/wadah kroto.

Batang tongkat kayu kecil : untuk merobek jaring putih, atau anda jika sudah terbiasa bisa gunakan tangan secara langsung ( pastikan bahwa tangan sudah terlindungi dengan sarung tangan+ tepung )

Pengambilan kroto bisa di tepuk tepuk setelah jaring di robek.

Kroto akan jatuh kebawah. Dibawah kan masih ada tutup toples, ketika kroto sudah diatas tutup toples.

Ambil segera tutup toples yang sudah terisi kroto dan pindahkan ke tempat khusus untuk kroto, sebelum menyatu lagi dengan rangrang rangrang, atau kroto di tumpahkan di tempat ember tersendiri.

 

Ilustrasi kebutuhan pasar

Kebutuhan di Jawa & Lampung ( belum dikota lainya )

No Daerah Kebutuhan Kisaran Harga/kg
Bogor 5 – 10 kg/hari :500 kg s/d 1 ton/ bulan Harganya Rp 60.000 – 70.000 / kg.
Jakarta 1.5 ton/hari 45 hingga 80 ribu bahkan hingga 100 ribu/kg
Jatim 1 ton 1 ons Rp. 25.000
Jateng 75 kwintal 1 ons Rp. 35.000
Pangandaran 1 ton
Rp.160.000/kg
Lampung 2 ton 95.000 s/d 100.000
Total kebutuhan Pulau Jawa 10 s/d 30 ton/bulan Rp. 3 milliard/bulan

Informasi : Negara Malaysia pun untuk memenuhi kebutuhan rangrang rangrang atau kroto ini mereka mengimpornya dari negara kita. Seperti pulau Kalimantan, Bali, Lombok, dan Sumbawa adalah wilayah penghasil kroto atau rangrang rangrang terbesar.

Bahkan kroto ini sudah mulai dikonsumsi di Thailand, Fhilipin, sbagai Soup Bernilai Gizi Tinggi karena banyaknya protein yang terkandung dalam tiap butir kroto yang ada.

Tidak akan menutup kemungkinan dalam beberapa tahun mendatang kroto ini akan menjadi komoditas ekspor yang sangat menggiurkan.

7. Cara Menjual

Cara menjual secara Tradisional.

Untitled-1

Cara menjual yang professional

Jadilah Pengepul peternak artinya : selain menjadi peternak anda juga membeli hasil produksi dari para peternak yng lain selajutnya anda jual ke Peternak burung yang lebih besar sambil di jual eceran seperti cara tradisional.

Untitled-2

Mengapa harga kroto masih domonopoli oleh peternak ? karena belum banyak peternak rangrang yang serius, penjual kroto masih cenderung mengambil kroto dari tangkapan alam. Kita tahu alam tidak setiap saat menyediakan Manfaat Ekonomi Selama ini pasokan pasar burung atau toko yang menjual pakan burung hanya menggantungkan kroto apalagi saat musim penghujan.  Padahal jika kita mau serius ternak rangrang maka kelihatan hasilnya bahkan bisa di prediksi : secara hitungan riil dalam waktu 10 hari kita bisa memproduksi 1 kg kroto fresh., jika harga jual 1 ons Rp. 12.000, maka harga kroto 1 Kg nya adalah identik dengan Rp. 120.000. Dalam satu toples rangrang, rata-rata menghasilkan 50 gram kroto per bulan.

  1. B.E.P

Biaya yang diinvestasikan : Rp. 5.000.000 s/d 8.500.000

 

Rincian menuju ( 1 tahun BEP )

Sebagai contoh saja, untuk tahap awal pemula hanya membutuhkan

Bibit 100 hingga 300 toples bibit sarang rangrang rangrang ini dengan kisaran harga per toples sekitar Rp 65.000,00. Jadi

Asumsi 100 toples saja hanya mengelurkan modal Rp 6.500.000,00

Ditambah dengan tambahan alat-alat lain diperkirakan total modal yang dibutuhkan sekitar Rp 8.500.000,00. Cukup terjangkau karena investasi di awal bisa untuk waktu yang cukup lama dan BEP yang relatif singkat saja.

Sedangkan untuk kebutuhan operasional seperti misalnya pakan, ternyata hanya 10% dari total keuntungan. sangat-sangat efisien jika dibandikan dengan bisnis budidaya hewan lainnya.

Untuk analisa perhitungan keuntungan adalah per 10 toples mampu menghasilkan 5 ons kroto, dengan asumsi per ons Rp 25.000,00 sampai Rp 30.000,00.

Jadi untuk per kg bisa mencapai kisaran harga hingga Rp 250.000,00, dengan asumsi 100 toples menghasilkan 5 kg kroto siap jual maka Anda bisa meraup total omzet sebesar Rp 1.250.000,00/3 bulan

Pertahun panen 4 x 1.250.000 = 9 juta

“Biasanya panen kroto dilakukan per 3 bulan, ini  dilakukan agar koloni rangrang tersebut nyaman karena dengan merasa nyaman mereka akan menghasilkan kroto yang bagus dan banyak,” ujarnya sembari menutup

X.informasi tempat pelatihan

Jika anda tertarik segera belajar – kuasai pengetahuanya, dan segera ambil keputusan atau tidak sama sekali. Beberapa tempat sebagai referen si yang da;pat anda kunjungi :

Malang Surabaya Jogjakarta
bpk ahmad 0341-9845261, Jagir Sido RESmo 7 No. 117-119, Surabaya. Lokasi masuk dari gang 4 Jagir Wonokromo ( gang sebelah barat damri) cari persewaan terop PUTRA MDK. Duto Sri Cahyono, Ngabeyan RT 03 RW 02 Kartasura, Sukoharjo 57165
di jalan. atau hub ARDIAN
081999575111 / 081211626286 / 031 31031363
RANG RANG FARM : 085743825417 Bergerak di bidang budi daya rangrang.
Daus : 08819504735
Alamat : Jambangan Baru 5/ 3B surabaya.
jual Bibit Rangrang Kroto KROTO FARM : Faizal 085733247000, 081358440577, 08813576848 Pin BB = 30ddb05c Bergerak di bidang budi daya rangrang rang rang kroto di Surabaya.

 

Salam The Coach .

Surabaya, Desember 2014

Ditulis oleh :

Sapodo Bertoes & Novi

Sumber :

wawancara dengan H. Supri, peternak Rangrang & pedagang pakan ternak, dipasar Bratang.

Ardian – Sukadi & Daus di Jambangan baru, Surabaya, sebagai : peternak Rangrang

Foto : www.ternak semutmerah.com

Di up load oleh : Adit & Udin

Promosi Usaha andaTemu kangen dengan anggota – Mencari ide Bisnis – atu sekedar Mengupdate Informasi terkini – Discount dari kartu The Coach dll segera Hubungi kami di www.mi-comm.com   ( klik di the coach ).

Leave a Reply

fifteen − three =