Cara Mempertahankan Daya Ingat Bagi usia Masa Purna Bhakti

By: | Tags: | Comments: 0 | Maret 23rd, 2015

The-Coach – Menurunnya daya ingat pada usia tertentu adalah sebuah kewajaran. Perhatikan fakta dibawah ini :

  1. Ketika usia beranjak 30, tubuh Anda mulai memproduksi sedikit kimia yang dibutuhkan otak untuk bekerja.
  2. Ditambah lagi kekurangan tidur yang berlarut-larut hingga menjadi semacam insomnia.
  3. Tingkat stres yang terlalu tinggi dan tidak segera mendapatkan solusi, biasanya juga memicu terjadinya penurunan daya ingat.

Bagaimana cara mempertahankan daya ingat ? cobalah beberapa tips kecil dibawah ini :

  1. Bermain teka-teki silang
  2. Game online yang mengasah otak
  3. Tidur yang cukup dan tidur yang berkualitas dapat membantu otak bekerja lebih jernih.
  4. Ubahlah kebiasaan lama, artinya : belajarlah melakukan hal yang biasanya tidak anda sukai. Contoh :
  5. Jika bahasa bukan bidang yang Anda sukai, cobalah untuk mengikutinya dan paksalah diri anda untuk mencintai hal baru.
  6. Anda tidak suka memasak mencobalah untuk memasak .
  7. Anda tidak suka Sejarah Eropa, Anda tidak suka matematika ?
  8. Anda tidak suka menulis fiksi, mencobalah untuk menulis fiksi.
  9. Kembangkan terus hobi anda. Jadikan hobi yang menghasilkan dan menyenangkan
  10. Minum kopi yang seimbang sehari sekali atau maximal 2 kali sehari.
  11. Minum coklat panas dapat meningkatkan kekuatan otak termasuk daya ingatnya.

Hasi survey : “Hal yang penting adalah fokus pada suatu hal yang baru,” kata Thomas Crook, PhD, seorang ahli jiwa dan penulis The Memory Advantage. “Dalam penelitian dijelaskan jika anda melakukan hal tersebut akan menumbuh neuron dan koneksi yang baru dalam bagian otak yang terkait dengan daya ingat.”Anda dapat melakukannya: Di luar mengikuti kursus, anda mungkin bisa meminjam buku nonfiksi dari perpustakaan dan pilihlah topik yang anda sukai, atau anda bisa mencoba untuk mengingat nomor telepon teman-daripada-bergantung-dari-speed-dial.

Kurangi-multitasking.
Apakah aktivitas rutin anda pada sore hari adalah memasak untuk makan malam, membantu si kecil mengerjakan pekerjaan rumah, dan membalas email, semuanya sekaligus ? Jangan kaget apabila anda tidak mengingat apapun yang anda tulis dan baca–atau anda lupa bahan terpenting untuk membuat nasi goreng yang amat sangat gampang.

Melakukan dua aktivitas atau lebih dalam satu waktu akan mempersulit anda mengingatnya kembali, demikian menurut salah satu penelitian UCLA. Anda juga cenderung akan melakukan kesalahan. Hal ini karena multitasking dapat melemahkan kinerja daya ingat anda dan memaksa anda untuk memproses beberapa informasi pada bagian otak, yaitu striatum-dimana-tidak-dapat-mengingat-secara-detail.
Anda dapat melakukannya: Ketika harus melakukan suatu aktivitas yang penting atau memperoleh informasi yang tidak ingin anda lupakan, anda harus melakukannya secara perlahan dan fokus. “Alasan terbesar mengapa manusia bisa lupa adalah sederhana, yaitu mereka tidak memberikan perhatian mereka secara penuh,” ujar Gary Small,MD, seorang neuroscientist dan direktur The UCLA Memory & Aging Research Center.

Asupan-karbohidrat
Karbohidrat mungkin memiliki reputasi yang buruk tapi ternyata karbohidrat adalah sumber utama bahan bakar untuk otak anda, kata peneliti Tufts University, Holly Taylor, Ph.D. Dalam penelitiannya dijelaskan bahwa wanita yang sedang melakukan diet karbohidrat terbukti mendapatkan hasil rendah pada tes memori dibanding mereka yang melakukan diet dengan menghitung jumlah kalori. Anda dapat melakukannya: Penelitian telah menemukan bahwa menurunkan berat badan dapat meningkatkan daya ingat anda, tetapi sebaiknya lakukanlah diet seimbang yang mengurangi kalori secara keseluruhan. Ingatlah bahwa buah-buahan, sayuran, dan gandum utuh adalah karbohidrat yang baik untuk anda.
Gandum utuh sangatlah bermanfaat. “Karena mereka memberikan glukosa yang stabil ke otak, sebaliknya akan menurun drastis apabila anda mengonsumsi makanan seperti KUE dan KUKIS.

 

Diasuh Oleh : Dr. Indah 081216137614

Alih Bahasa       : Sapodo Bertoes

Diupload Oleh : Udin

Leave a Reply

three × one =