Cendana Kayu mahal dan Berkasiat

By: | Tags: | Comments: 0 | Februari 13th, 2015

Asalmula kayu cendana :

Dari daerah Mysoram di India selatan biasanya dianggap yang paling bagus kualitasnya Tumbuh di India, Kepulauan Melayu, Indonesia dan Australia, Cendana (Santalurn album L.) adalah sejenis pohon cemara dari keluarga Santalaceae yang tumbuh hingga 8 sampai 12 meter tingginya. Sebagai kayu yang keras, kayu Cendana dapat diukir menjadi benda seni yang indah sekaligus menebarkan aroma harum. Minyak Cendana umumnya digunakan sebagai wewangian pada dupa, kosmetik, parfum dan sabun. Minyak Cendana juga digunakan sebagai bumbu untuk makanan dan minuman. Minyak Cendana Australia dibuat dari penyulingan kayu Eucarya spicata, pohon kecil asli Australia Barat yang berisi alkohol seskuiterpen yang dikenal sebagai fusanol. Minyak ini beraroma mirip dengan minyak Cendana India, meskipun memiliki karakteristik-berbeda. Di Indonesia, kayu cendana banyak ditemuakan didaerah NTT dan Timor. Khusus cendana dari timor yang sangat mahal dan dicari para pembeli. Pohon cendana di beberapa daerah di Indonesia dikenal sebagai Candana (Minangkabau) Tindana, Sindana (Dayak), Candana (Sunda), Candana, Candani (Jawa), Candhana, Candhana lakek (Madura), Candana (BeIitung), Ai nitu, Dana (Sumbawa), Kayu ata (FIores), Sundana (Sangir), Sondana (Sulawesi Utara), Ayu luhi (Gorontalo), Candana (Makasar), Ai nituk (Roti), Hau meni, Ai kamelin (Timor), Kamenir (Wetar), dan Maoni (Kisar).

Ciri-ciri atau spesifikasi dari kayu cendana:

  • Warna kayu : umumnya kayu cendana berwarna kuning belerang, tapi ada juga yang berwarna coklat tua
  • Tekstur kayu: kayu cendana teksturnya sangat halus
  • Arah serat: ada yang lurus, bergelombang dan ada juga yang berpadu
  • Bobot sedang (  berat jenis rata-ratanya sebesar 0,84 )
  • Tingkat keawetan : termasuk sedang ( kelas awet II)
  • Tingkat kekuatan: termasuk sedang hingga baik (kelas kuat II-I)
  • Kembang susut kayu: kemungkinan susut kayu cendana adalah kecil hingga sedang
  • Daya retak kayu : rendah hingga sedang
  • Tingkat kekerasan kayu: termasuk sedang hingga keras
  • Sifat pengerjaan : agak sulit.

Manfaat kayu cendana :

  • Rempah-rempah
  • Bahan membuat dupa
  • Aromaterapi
  • Campuran Parfum
  • Dijadikan sangkur/wrangka keris
  • Cendana memiliki sifat antiplogistik/anti-inflamasi, antiseptik, antispasmodik, karminatif, astringen, diuretik, emolien, ekspektoran, relaksan dan tonik.
  • Menentramkan jiwa dan raga
  • Penenang jiwa yang suci
  • Merukunkan rumahtangga
  • Sebagai pewangi ruangan untuk menetralisir hawa negatif

Penggunaan internal. Di dalam tubuh, minyak Cendana bekerja pada saluran urogenital dan melawan infeksi kronis. Minyak Cendana secara tradisional digunakan untuk gangguan perut dan pencernaan, infeksi saluran kemih bawah –termasuk sistitis dan gonore– serta demam, kepala pusing dan keluhan dada umum. Minyak Cendana juga membantu untuk membersihkan radang selaput lendir hidung, meredakan batuk kering dan memperbaiki sistem pencernaan, terutama ketika diare.

Penggunaan eksternal. Pada kulit, minyak esensial Cendana membantu melembabkan kulit kering atau mengelupas, menghilangkan gatal-gatal dan peradangan dan menyeimbangkan kulit berminyak. Cendana dalam bentuk pasta bermanfaat untuk memudarkan bekas jerawat, bekas tanda regangan (stretch marks), bintik dan noda hitam. Sifat cicatrisant pada cendana membantu untuk meregenerasi kulit dan memudarkan semua bekas luka, noda dan bintik-bintik pada kulit. Efek kerjanya cenderung lebih baik bila digunakan bersama dengan bahan-bahan perawatan kulit lainnya. Manfaat lainnya adalah perlindungan dari sinar matahari (tabir surya) dan penghapusan tan (kulit gelap karena sinar matahari) .

Manfaat Minyak cendana

1 .Mengatasi Peradangan :

Minyak esensial cendana adalah obat anti inflamasi alami, yang memiliki efek menenangkan dan dapat membantu mengatasi peradangan yang parah. Minyak ini juga memiliki kegunaan terbesar untuk menyembuhkan rasa sakit pada sistem saraf (termasuk otak), sistem sirkulasi, sistem pencernaan dan sistem ekskresi. Jika salah satu dari sistem tubuh kita sakit akibat demam, penggunaan antibiotik, gigitan serangga, bahan beracun, atau cedera, maka minyak ini dapat mengurangi peradangan yang ditimbulkannya.

2 . Menghentikan Kejang :

Minyak cendana juga dikenal sangat antispasmodic, karena memiliki sifat obat penenang serta sifat merelaksasi otot. Minyak ini bekerja pada serat otot, serabut saraf, dan pembuluh darah untuk membuatnya menjadi rileks, yang pada akhirnya bisa menghentikan kejang parah. Manfaat berikutnya termasuk mengobati batuk, otot berdenyut, kram, dll,  yang disebabkan oleh kontraksi otot akut.

3 . Anti mikroba :

Telah dibuktikan bahwa minyak cendana memiliki unsur disinfektan yang tinggi. Aroma yang berbeda dari minyak ini dapat mengusir hama serta mikroba lainnya. Oleh karena itu, ia juga banyak digunakan sebagai salah satu bahan utama produk pengusir serangga, pestisida, dan cairan yang digunakan dalam evaporator untuk desinfektan. Mencampur beberapa tetes minyak cendana dengan body lotion atau air mandi bisa menjaga kulit bebas dari masalah infeksi.

4 . Antiseptik :

Karena memiliki sifat antimikroba, minyak cendana juga digunakan sebagai antiseptik yang efektif. Umumnya digunakan secara topikal untuk cedera, lesi, bisul, jerawat, dll supaya tidak terinfeksi. Selain dari penggunaan luar, minyak esensial ini juga bisa digunakan untuk penggunaan dalam. Tambahkan beberapa tetes minyak kedalam segelas susu yang hangat dan meminumnya. Mengkonsumsi secara teratur campuran ini akan memberikan perlindungan dari ulkus, serta infeksi di tenggorokan, kerongkongan, saluran pencernaan, dan saluran ginjal.

5 . Memfasilitasi Proses buang air kecil :

Minyak cendana sangat membantu untuk mempromosikan buang air kecil. Seperti yang telah Anda ketahui, minyak esensial ini dapat menekan rasa sakit pada sistem ekskresi, serta memberi efek mendinginkan. Akibatnya, buang air kecil menjadi lebih mudah, jumlah urin meningkat, dan frekuensi buang air kecil akan jauh berkurang. Singkatnya, minyak ini bekerja sebagai diuretik dan akan menjaga sistem ginjal menjadi sehat.

6 . Mengendalikan Tekanan Darah :

Jika Anda menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi, minyak cendana bisa memberikan banyak keuntungan. Hal ini karena banyak mengandung unsur penurun hipertensi, sehingga dapat mengatur tekanan darah secara efisien bila dikonsumsi dengan cairan seperti air minum atau susu. Jadi, penggunaan secara internal bisa mengurangi risiko hipertensi.

7 . Mengusir Bau Badan :

Aroma cendana yang segar dan harum telah membuat minyak ini menjadi bagian yang tak terpisahkan dari wewangian. Hal ini biasanya dikombinasikan dengan produk perawatan kulit, produk perawatan rambut, serta deodoran untuk menghilangkan bau badan.

8 . Tonic Kesehatan untuk Anak :

Tidak semua minyak esensial aman untuk anak-anak. Tapi minyak cendana bisa diberikan kepada anak-anak tanpa perlu khawatir dengan keamanannya. Hal ini sudah disebutkan diatas, bahwa minyak ini memiliki efek menenangkan yang sangat baik pada sistem organ dalam. Hasilnya bisa membantu mensingkronkan pergerakan anak dengan baik, serta membuat seluruh sistem tubuh anak berkembang dengan sehat.

9 .  Mengendalikan Stres dan Kecemasan :

Minyak cendana memiliki efek alami yang dapat menenangkan sistem saraf. Hal ini dapat  menghilangkan semua jenis ketegangan, keresahan, ketakutan, agitasi, kecemasan, dll, dengan membuat santai saraf Anda. Dengan demikian kita akan memiliki penglihatan yang lebih baik, meningkatkan fokus, dan memiliki gagasan yang positif.

10 . Membuat kulit cerah, bersih dan sempurna :

Minyak ini sudah lama dikenal akan sifat membersihkan kulitnya yang ramah. Hal ini sebagian besar memberikan manfaat bagi kulit untuk tujuan cicatrisant dan menenangkan kulit. Jika Anda memiliki bekas luka, noda jhitam, bintik-bintik atau eksim pada kulit, maka minyak ini bisa membantu Anda untuk menghilangkannya dengan cepat serta mengurangi kemungkinan kambuh lagi. Orang yang mengalami kulit kering bisa membuat kulit mereka normal kembali dengan bantuan minyak esensial ini.

Pohon Cendana (Santalum Album) merupakan pohon yang yang jadi primadona lantaran aroma wangi dan harum yang khas. Kayu cendana dan minyak cendana yang dihasilkan dari pohon ini yang kemudian menjadikan harga pohon ini sangat mahal.

Pohon cendana kerap kali dimanfaatkan juga sebagai bumbu makanan dan minuman, aromaterapi, dan obat tradisional. Cendana memiliki sifat antiplogistik (anti-inflamasi), antiseptik, antispasmodik, karminatif, astringen, diuretik, emolien, ekspektoran, relaksan dan tonik.

Kami membudidayakan bibit cendana dalam jumlah besar dengan usia dan ukuran yang bervariasi, dari usia 1 bulan hingga usia 1 tahun dan variasi ukuran mulai dari 30-100cm. Kami melayani kerjasama dengan instansi pemerintah/swasta untuk program reboisasi, reklamasi pasca tambang, maupun program reboisasi umum serta kami memberikan konsultasi dan pelatihan penanaman Bibit Cendana bagi Anda pembeli bibit dari kami.

Peringatan pemakaian

Sebelum mengambil Cendana untuk terapi, konsultasikan dengan dokter jika Anda sedang hamil atau menyusui. Penderita penyakit ginjal sebaiknya tidak menggunakan Cendana. Jangan menggunakan Cendana selama lebih dari 6 minggu tanpa berbicara dengan dokter Anda.

Berhenti menggunakan Cendana segera dan berbicara dengan dokter jika Anda memiliki salah satu dari efek samping berikut:

  • Masalah pernapasan atau sesak di tenggorokan
  • Nyeri dada
  • Sakit perut
  • Kulit gatal-gatal, ruam atau bengkak

Harga KAYU CENDANA MERAH

Nama: KAYU CENDANA MERAH
Harga: 285.000
Satuan: Kg
Kota: KABUPATEN TULUNGAGUNG
Propinsi: JAWA TIMUR
 

Catatan:

kami melayani pembelian kayu cendana merah grosir -10kg. anda berminat silahkan hub.085233539755

 

kayu2 kayu3
kayu4 kayu5
kayu6

Cendana Wangi asli

Untuk bibit cendana bisa hubungi :

  • TANI SEJAHTERA

Telp / SMS : 0812 160 5732 | 0858 5359 5509

Pin BB : 7CB5BADA

Situs Resmi : www.jualbibitunggul.com

Email : Tanisejahtera1@gmail.com

Kantor : Dusun Jabon Desa Tanjung Kalang

Kec. Ngronggot

Nganjuk Jawa Timur

(Perempatan Pasar Prambon ke Timur 700 Meter)

Nama : Tn. Nur Chandiq [Pemilik/Pengusaha]
E-mail : bibitpertanian@gmail.com
Situs Web : www.bibitpertanian.com
Pesan Instan :  Jumlah Pesanan: 20 polibag
Nomor Ponsel : 085293948900
Nomor Telpon : 085293948900
Alamat : 001/001-Sirahan-Cluwak

Pati 59751, Jawa Tengah

Indonesia

Harga : Rp. 25.000 – 35.000 / Unit (nego, call/sms, telpon)
Pesanan Minimum : 20 Unit
Kemas & Pengiriman : Polybag
Negara Asal : Indonesia
Keterangan : Cendana India daun kriting sekarang lagi marak dibudidayakan. ini dikarenakan pohon cendana jenis ini sangat mudah di budidayakan dan bisa panen setelah umur 3 tahun untuk di panen daun, ranting, buah. harga perkilogram tanaman ini Rp. 40.000/ kg, Setelah tanaman mencapai usia tertentu, kayu cendana dihargai Rp.500.000/ kg

Leave a Reply

19 − 9 =