Empat Tips yang Wajib Diketahui Investor Pemula

By: | Tags: , | Comments: 0 | November 12th, 2014

Waktu berjalan dengan cepat. Namun, kebanyakan orang menyadarinya dengan terlambat. Biasanya, kesadaran itu muncul saat usia mereka telah menua. Sementara mereka sendiri belum memiliki apa-apa. Maka yang terjadi, orang-orang tersebut menyesali dan bertanya pada diri sendiri, apa yang telah lakukan selama ini.

Jadi, dalam posisi ini investasi merupakan bagian yang penting. Investasi merupakan hal krusial untuk menata kehidupan di masa tua Anda.

Perlunya diketahui investasi memiliki banyak ragam, dari tabungan, saham, properti, reksana dan yang lainnya. Akan tetapi, perlu dipahami berinvestasi bukan perkara yang mudah. Setiap invetasi memiiki risiko sendiri-sendiri.

Anda perlu mempertimbangan hal-hal yang dapat merusak investasi Anda seperti inflasi yang kemudian dapat merusak nilai investasi Anda. Namun Anda tak perlu khawatir, terdapat empay tips bagi Anda yang akan berinvestasi:

1. Mulailah Investasi Sedini Mungkin
Anda mesti yakin, semakin awal Anda berinvestasi  maka beban keuangan Anda di masa depan akan menjadi ringan. Misalnya, suami, istri, atau anak Anda membutuhkan biaya. Anda tak perlu khawatir karena anda telah melakukan pembiayaan rutin setiap bulan sedari muda.

Tak hanya itu, investasi dari awal memberikan keuntungan tersendiri. Misal tabungan, Anda dapat memperoleh banyak bunga.

2. Diversifikasi Investasi Anda
Untuk investasi Anda tak bisa hanya menggantungkan hanya pada satu jenis. Anda mesti mendiversifikasinya. Pilihlah investasi dari yang berisiko tinggi, menengah sampai yang rendah.

Investasi dengan risiko tinggi, biasanya menjanjikan keuntungan yang besar. Guna dari investasi dari berisiko menengah dan rendah adalah untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu investasi dengan risiko tinggi itu mengalami kegagalan.

3. Kelola Tabungan dan Utang Anda
Banyak orang membuat kesalahan yakni dengan menghabiskan uang dari pemasukan saat itu juga. Mereka berharap, kedepan hal itu tertupi karena keesokannya mereka mendapat pemasukan lebih. Sebaiknya, Anda menghindari hal ini, Anda mesti bersiap untuk hal-hal tak terduga di masa depan.

4. Kenali Inflasi
Sebagian investor lupa, jika inflasi akan mempengaruhi keuntungan mereka. Inflasi akan membuat keuntungan Anda menyusut. Misal, dari investasi yang Anda tanam mendapat pengembalian 21 persen. Sementara, inflasi pada tahun ini 17 persen. Maka yang terjadi Anda hanya mendapatkan pengembalian 4 persen. (as/lifehack/liputan6)

Sumber: http://www.ciputraentrepreneurship.com/

Leave a Reply

3 × two =