Ilmu dan Seni Dalam Memilih Lokasi Bisnis Yang Tepat

By: | Tags: , , , , | Comments: 0 | November 17th, 2014

5643966041_5a126a3a70_o-1024x764

Memilih lokasi bisnis bagi pengusaha pemula merupakan sebuah keputusan yang penting sekaligus sulit. Bila tidak hati-hati, lokasi usaha yang tidak pas justru membuat bisnis Anda gagal berkembang, rugi bahkan bangkrut. Istilah kerennya, “Layu Sebelum Berkembang”.

Punya produk hebat, harga yang sangat murah, ditambah promo-promo lainnya tidak akan berguna kalau lokasi bisnis-nya sendiri sulit dijangkau oleh target pasar Anda, alias “terpencil”. Kalau sudah begitu, konsumen pun tidak akan tahu mengenai usaha milik Anda di lokasi tersebut.

Menurut saya, mencari serta memilih lokasi bisnis yang tepat adalah sebuah ilmu sekaligus seni.

Ilmu, karena Anda harus memiliki kemampuan yang cukup “teknis” untuk memilih lokasi tertentu. Perhitungan investasi yang akurat, transportasi, akses jalan yang tersedia, analisa demografi serta jumlah penduduk di lokasi tersebut, adalah beberapa elemen yang harus diperhitungkan dengan akurat. Itulah mengapa memilih lokasi juga termasuk kategori proyek bisnis, karena membutuhkan metode analisa yang benar.

Klik disini untuk mempelajari cara sukses proyek bisnis.

Selain ilmu, memilih lokasi juga disebut seni. Hal ini dikarenakan Anda membutuhkan ketenangan hati serta pikiran sebelum mengambil keputusan. Kenapa ketenangan itu penting?

Saat Anda telah menemukan lokasi yang ingin Anda sewa atau beli, ingatlah bahwa yang mengincar lokasi tersebut bukan hanya Anda, orang lain yang tertarik juga banyak dan mereka tentu tidak ragu bersaing mendapatkan lokasi yang diincar oleh Anda itu. Belum lagi bila lokasi tersebut termasuk kawasan strategis, harganya pun akan semakin mahal.

Di sinilah seni dalam negosiasi dan komunikasi dengan pemilik lokasi menjadi hal yang krusial. Dan untuk melakukannya, Anda perlu ketenangan agar pikiran tetap jernih dan tidak salah memutuskan. Bahkan jika cara komunikasinya sudah tepat, Anda pun bisa mendapatkan harga sewa/ beli yang jauh lebih murah dari harga awal. Lumayan kan, untuk menghemat modal bisnis Anda?

Klik disini untuk mempelajari cara komunikasi bisnis jitu.

Bisnis memang tak bisa lepas dari resiko, terutama dalam memilih lokasi. Tapi yang bisa dilakukan adalah meminimalkan resiko yang ada. Itupun bisa didapat bila Anda tahu ilmu dan metode yang tepat. Yang terpenting adalah Anda terus belajar, belajar dan belajar dari berbagai sumber agar dapat sukses.

Semoga artikel ini bermanfaat.

Sumber: hot.yukbisnis.com

Leave a Reply

six − 1 =