Inilah Segudang Manfaat Minum Jahe Saat Musim Hujan

By: | Tags: | Comments: 0 | Desember 17th, 2014

inilah-segudang-manfaat-minum-jahe-saat-musim-hujan

Siapa yang tidak mengenal rempah satu ini, Jahe. Ya, jahe merupakan rempah-rempah asli Indonesia dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Selain digunakan sebagai penghilang bau amis pada makanan, jahe juga sering digunakan sebagai minuman atau campuran makanan lain seperti kue. Karena memiliki aroma yang khas, jahe sangat cocok digunakan sebagai minuman hangat di musim hujan. Dan, inilah manfaat minum jahe menurut organicfacts.net bagi kesehatan Anda.

  • Penghangat Badan

    Wedang jahe atau minuman dari jahe, disinyalir mampu membuat badan Anda lebih hangat. Hal ini, sangat cocok jika jahe diseduh dan diminum di musim hujan. Untuk membuat wedang jahe, Anda cukup mengupas bersih rimpang jahe lalu mencucinya. Rebus dengan air hingga mendidih, atau langsung seduh dengan air panas. Tambahkan gula atau madu untuk menambah rasa manis pada wedang jahe Anda.

  • Kesehatan Tulang

    Jahe, dikenal juga sebagai rempah yang memperbaiki dan meningkatkan kesehatan tulang. Penelitian di University of Miami, menunjukkan bahwa beberapa ratus pasien yang menderita osteoarthritis, setelah diberi suplemen minuman jahe secara rutin selama 65 pekan, bisa mengalami peningkatan kesehatan tulang dan penurunan rasa nyeri di tulang.

  • Menyembuhkan Diare

    Seperti yang kita tahu, musim hujan merupakan musim dimana banyak bakteri dan virus berkeliaran, tanpa terkecuali adalah virus diare. Untuk mengatasi hal ini, minum jahe secara teratur dapat menyembuhkan diare. Hal ini dikarenakan, nutrisi pada jahe mampu mengurangi kadar gas dalam perut serta mencegah kejang perut.

  • Menyehatkan Pencernaan

    Beberapa penelitian menemukan, bahwa jahe bisa menjadi fasilitator proses pencernaan. Rempah ini, disinyalir mampu mengatur kadar gula tinggi yang bisa mengganggu pencernaan Anda. Jahe juga digadang-gadang, memiliki kandungan senyawa yang bisa meningkatkan penyerapan nutrisi dan mineral dari makanan yang telah kita makan.

  • Mencegah Kanker

    Sebagai salah satu penyakit mematikan dan ditakuti di seluruh dunia, kanker disinyalir dapat dicegah melalui konsumsi jahe yang teratur. Tumbuhan yang tumbuh subur di daerah wilayah Asia ini, mampu mengurangi resiko tumor dan pertumbuhan sel kanker ovarium di tubuh Anda.

  • Meningkatkan Stamina

    Jahe yang beraroma khas dan menghangatkan ini, juga dipercaya bisa meningkatkan gairah dan stamina tubuh. Tidak hanya itu, rempah ini juga disinyalir mampu meningkatkan sirkulasi darah dengan baik. Untuk Anda yang sering loyo dan kurang stamina di musim hujan, cobalah untuk minum jahe secara rutin demi mengembalikan stamina tersebut.

  • Mencegah Kram Saat Menstruasi

    Wanita sering kali mengalami kram dan nyeri perut saat menstruasi. Masalah ini, sebenarnya bisa Anda atasi dengan memanfaatkan jahe. Usahakan untuk minum jahe hangat di pagi hari atau malam hari saat menstruasi. Para peneliti percaya bahwa, prostaglandin penyebab kram dan nyeri saat menstruasi dapat berkurang dengan Anda mengkonsumsi jahe.

  • Mengobati Flu

    Inilah masalah yang kerap terjadi saat musim hujan, yaitu sakit flu. Hidung tersumbat dan kepala pusing karena flu, tentu sangat mengganggu aktivitas Anda. Untuk mengatasi hal ini, jahe bisa membantu mengobati flu yang sedang diderita. Minumlah seduhan jahe hangat, yang dicampur dengan madu atau gula jawa. Minum ramuan ini minimal dua kali dalam sehari, pagi dan malam. Minum secara taratur dan dapatkan tubuh sehat, karena terbebas dari flu maupun batuk.

Itulah beberapa manfaat jahe bagi kesehatan tubuh. Semoga artikel ini membantu Ladies dan semoga bermanfaat. Selamat memiliki hidup sehat karena jahe.

Sumber: Vemale.com

Leave a Reply

10 + 3 =