Jadilah “ Ahli “ Mendengarkan

By: | Tags: | Comments: 0 | Mei 26th, 2015

 

Jadilah pendengar yang baik, sebelum menjadi pembicara yang baik. Sebab kenyataan yang sering saya amati adalah bahwa orang yang saya kagumi ketika menjadi pembicara public, setelah turun lalu saya coba untuk curhat masalah pribadi yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan topik yang baru saja mereka bahas, hal yang membuat saya terkejut adalah mereka menjadi seorang pendengar yang baik. Saya sadar tidak banyak dari mereka yang memberikan solusi, setidaknya mereka pada rela berkorban hanya muntuk mendengarkan saja, ibarat hanya menjadi TONG SAMPAH “ atas curhat pribadi. Tetapi mereka rela

Kawan kawan anggota the coach yang berbahagia :

Pembicara public adalah seorang LEADER bukan saja seorangan MANAGER. Leadership/kepemimpinan bagi saya berarti tugas, kehormatan bagi pribadi,keluarga dan korps yang terus bertumbuh. Itu berarti karakter dan itu berarti belajar dan terus belajar dari waktu ke waktu” Kebanyakan orang cenderung lebih senang membicarakan dirinya sendiri dibandingkan mendengarkan. Hanya orang-orang yang sudah banyak mengalami proses dalam hidupnya yang akhirnya bisa memahami nilai luar biasa jadi pendengar yang baik. Seperti yang dikatakan senator Amerika Serikat, Anda tidak akan pernah belajar apa-apa jika Anda terus bicara. Kemampuan mendengarkan secara cerdas merupakan kunci untuk dapat mempengaruhi orang lain. Mendengarkan memberikan manfaat dalam membangun hubungan, meningkatkan pengetahuan,membangkitkan ide, membangun loyalitas dan menunjukan rasa hormat kepada orang lain. Sekilas mendengarkan ocehan/curhat/keluhan dari orang lain tampak hanya menguntungkan mereka, tetapi ketahuilah dengan menjadi pendengar yang baik, anda sebenarnya menempatkan diri pada posisi membantu diri sendiri. Sebab melalui mendengarkan, anda memiliki kemampuan untuk mengembangkan hubungan yang lebih kuat, mengumpulkan informasi berharga dan meningkatkan pemahaman anda mengenai diri sendiri dan diri orang lain.

Herb Cohen, seorang negosiator terbaik dunia mengatakan:

Mendengarkan secara efektif membutuhkan lebih dari sekedar mendengarkan kata-kata yang

disampaikan orang. Mendengarkan menuntut Anda menemukan makna dan pemahaman atas apa yang sedang dikatakan. Lagi pula, makna bukan terletak di dalam baiknya kata-kata,atau kurangnya kemampuan dalam menyampaikan kata-kata, melainkan apa yang sebenarnya tersembunyi di dalam hati dan pikiran seseorang.”

Kawan kawan anggota the coach yang berbahagia :
Apapun bisnis anda tidak akan berhasil apabila tidak didukung oleh orang lain/pelanggan/customer. Mari kita layani pelanggan kita dengan cara kita dengarkan apa yang menjadi keinginan mereka, anggaplah mereka berbicara sebagai SAHABAT , apapun keluhanya, apapun keinginannya, jangan terlalu cepat untuk dijawab, terkadang kita tidak perlu menjawabnya sebab ini bukan topik diskusi, tetapi hanya CURCOL doang.

Salam The Coach

Semoga ada manfaatnya buat anda, dan buat orang lain

Terimakasih selamat membangun karya baik dan terbaik anda diusia keemasan ini.

Leave a Reply

nineteen − 6 =