Makanan yang Tepat Untuk Usia 50 Tahun

By: | Tags: | Comments: 0 | April 7th, 2015

The-Coach – Pada usia keemasan/Golden Age yaitu mengijak usia 50 tahun merupakan pokok perhatian yang cukup penting untuk meengetahui asupan makanan apa yang dilarang dan asupan makanan apa yang dianjurkan, sebab diusia ini adalah rentan terhadap segala macam penyakit. Biar tetap sehat tetap sehat mari kita belajar bersama-sama dari Team Dokter MIC yang berdomisili di Surabaya. Perlu anda ketahui terlebih dahulu : seiring bertambahnya usia, maka kemampuan tubuh untuk mengonsumsi makananpun akan jadi melemah. Oleh karena itu betapa pentingnya menyantap makanan yang kaya akan gizi, Vitamin serta serat.

Berikut ini ada beberapa makanan yang pas buat orang diusia keemasan :

  1. Ikan
    Makanan yang satu ini penting buat disantap bagi mereka yang sudah berumur, di dalam ikan terdapat asam omega-3 yang mampu membuat tubuh jadi lebih nyaman. Hindari makanan yang banyak mengandung duri lembut: seperti Bandeng. Demikian juga jenis Ikan yang diawetkan : Ikan Asin, Ikan dalam kaleng, ikan bertulsng keras seperti Ikan Pari
  2. Buah
    Makanlah buah pada saat sesuai maupun sebelum makan, buah memiliki nutrisi dan gizi yang kaya. Sebagian besaar buah terdapat saat musiman. Pilih buah yang mudah dicerna, terlebih di dalam buah memiliki kadar manis yang alami. Hindari memilih buah yang banyak mengandung kadar asam yang tinggi, jika anda memiliki sakit maag.atau buah yang mengandung kadar alcohol sangat tinggi seperti Durian, Nangka, Petai dll. Makan pisang
    Tekanan Darah seseorang biasanya meningkat seiring dengan bertambahnya usia. Untuk menghindari risiko stroke dan serangan jantung karena tekanan darah yang tinggi, seseorang harus mengurangi konsumsi natrium dan menambah konsumsi kalium. “Kebanyakan obat hipertensi cenderung meningkatkan pengeluaran urine sehingga dapat menurunkan kadar natrium dan kalium dalam tubuh. Keduanya penting bagi tubuh tapi kalium lebih diperlukan dari natrium,” kata Rasmussen. Untuk memenuhi kebutuhan kalium, perbanyaklah mengonsumsi buah dan sayur sepert pisang, brokoli dan kentang.
  3. Jus
    Ketika menginjak usia 50 tahun, bertapa pentingnya mengurangi makanan keras tapi lebih seimbangkan dengan pemakaian buah. Dengan cara di jus, maka Anda bisa mengonsumsi buah lebih dari tiga jenis. Jus buah pun mudah diserap tubuh. Meang dalam teory kesehatan makan buah lebih baik dari pada makan buah dengan cara di jus. Jika anda sudah tidak lagi memiliki gigi yang cukup maka disarankan buah di jus saja daripada tidak makan buah
  4. Gandum
    Makanan gandum seperti beras merah bisa membantu rasa lapar dan gula yang ada di dalam tubuh.
  5. Daging
    Makanan yang mengandung vitamin B12 diperlukan tubuh untuk pembentukan sel darah merah. Vitamin B12 masuk ke dalam tubuh bersama dengan protein hewani seperti telur atau daging. Vitamin B12 dapat ditemukan dalam suplemen dan sereal yang difortifikasi, sehingga dapat diserap dengan cepat oleh tubuh. Sejak usia 50 tahun, Anda harus mulai mengonsumsi sereal yang telah difortifikasi.
  6. Banyak minum air putih
    Rasa haus yang dirasakan seseorang akan menurun seiring bertambahnya usia. Penggunaan obat-obatan seperti Antihistamin dan Tekanan Darah dapat membuat anda merasa dehidrasi. Orang yang menggunakan obat-obatan ini harus minum air putih lebih banyak untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Dehidrasi merupakan faktor utama penyebab kematian pada orang tua. The Institute of Medicine menyatakan bahwa perempuan harus minum 2,2 liter atau 9 gelas air putih sehari dan laki-laki harus minum 3 liter atau 13 gelas air putih sehari. Kurangilah konsumsi kopi, teh dan alcohol atau minuman yang berkarbon.
  7. Meningkatkan asupan vitamin D
    Vitamin D dibutuhkan tubuh untuk menyerap kalsium. Vitamin ini dapat diambil langsung dari sinar matahari pagi. Selain terdapat pada beberapa jenis makanan
  8. Membakar kalori.
    “Ketika seseorang bertambah usia, sistem metabolisme dalam tubuh akan melambat, sehingga asupan kalori harus disesuaikan. Orang akan cenderung mengurangi geraknya pada usia diatas 50 tahun. Hal ini akan menyebabkan kalori berlebih yang dapat meningkatkan penyakit jantung, osteoporosis, osteoartritis, diabetes dan sebagainya,”
  9. Perbanyak asupan kalsium.
    Kalsium baik untuk tulang dan mudah diperoleh dalam susu dan berbagai produk lain. Para ahli mengatakan bahwa orang memerlukan kalsium lebih banyak pada usia tua karena kadar laktosa dalam tubuh menurun. Orang dewasa memerlukan 1.000 mg kalsium per hari dan harus ditingkatkan samapai 1.200 mg untuk wanita di atas usia 50 tahun dan pria di atas usia 70 tahun. Makanan yang diperkaya vitamin D juga dapat membantu memenuhi kebutuhan tubuh. Vitamin D larut dalam lemak susu yang rendah lemak.
  10. Kurangi makanan berlemak
    Hindari makanan yang mengandung lemak jenuh. Mulailah mengonsumsi susu yang rendah lemak dan makanan seperti kedelai.
  11. Membatasi karbohidrat yang tidak sehat
    Orang perlu menjaga berat badan yang sehat dan memelihara pankreas dengan mengurangi makanan yang mengandung karbohidrat yang tidak sehat. Fungsi hormon Insulin dalam tubuh akan terpengaruh karena gula darah yang tinggi. Karbohidrat olahan seperti roti tawar memiliki kadar vitamin dan serat yang rendah. Cobalah memenuhi asupan karbohidrat secara sehat dengan mengonsumsi buah-buahan.
  12. Mengonsumsi suplemen
    Makanan adalah sumber nutrisi terbaik tetapi sulit untuk memenuhi jumlah nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Nutrisi yang berbahan dasar dari perlebahan Madu-Polen-Royal Jelly adalah supplement yang cukup bagus untuk pemenuhan nilai gisi pada usia lanjut.
    Para ahli gizi telah merumuskan piramida makanan untuk orang tua dan menyarankan untuk mengonsumsi suplemen gizi kebutuhan kalsium terpenuhi.Suplemen kalsium, vitamin B12 dan vitamin D sangat penting bagi kesehatan. Akan tetapi suplemen bisa berbahaya bagi tubuh manusia jika berlebihan.Jadi, berhati-hatilah ketika Anda mengonsumsi suplemen makanan dalam rutinitas sehari-hari. Sebaiknya konsultasilah kepada dokter jika ingin mengonsumsi suplemen harian.

Di Asuh Oleh     : DR. Indah

Di Tulis Oleh     : Sapodo Bertoes

Di upload oleh : Udin

Leave a Reply

13 − four =