Mengasah Kepekaan Sosial

By: | Tags: | Comments: 0 | Januari 4th, 2016

dsfsdfsdfdf

Jika anda ingin mempertajam kepekaan sosial anda, maka berkunjunglah ke Panti Asuhan atau Panti Jompo dan berkacalah disana dengan menggunakan kalimat “ bagaimana jika itu aku atau salah satu dari mereka adalah anggota keluargaku “ ? maka anda akan mendapatkan makna secara intrinsic dan anda pasti langsung ingat dan bersyukur kepada Tuhan Sang Pencipta “ Tuhan terimakasih atas kelengkapan dan kebahagiaan keluarga keluargaku yang engkau beri “ . Kecongkaan-kesombongaan-arogansi-pikiran jahat, hancur seketika dan kembalilah kemurnian hati anda yang mula-mula, kembali menjiwai seluruh sendi kehidupan dengan penuh ucapan syukur. Satu tanda yang bisa kita lihat secara langsung atas kembalinya kemurnian hati anda yang mula-mula adalah anda secara tidak terasa anda akan bisa meneteskan air mata, itu bukti bahwa anda sedang dalam kondisi BERSYUKUR dengan IKHLAS.

Pada hari minggu pukul 09.00 kami team Micomm dan The Coach Community tiba di Panti Asuhan Bhakti Luhur untuk mengujungi dan menghibur penghuni Yayasan tersebut yang berkebutuhan khusus. Tepatnya berada di Jalan Kapuas Blok F.1-22 Kompleks Perumahan Tropodo ( 031) 8661474 – 8666257, yang dipimpin oleh Sr. Christina Alma. Yayasan Bhakti Luhur yang beliau pimpin ini khusus untuk WANITA saja. Mulai dari anak-anak sampai Manula. Mulai dari usia bayi hingga Oma-oma. Jumlah anak anak sebanyak 95 anak, sedangkan Usia lansia adalah 150 orang. Semua adalah anak dan orang tua yang BERKEBUTUHAN KHUSUS artinya mereka ada yang mengalami cacat mental hingga cacat fisik, serta cacat dua duanya ( mental & fisik ).

Apa kegiatan mereka ? . Untuk usia anak-anak kegiatan mereka antara lain : Fisio Terapi artinya bagi mereka yang bermasalah dengan fisiknya, maka petugas/para suster melakukan pijit mulai dari tangan, Otot, kaki dan organ lain yang bermasalah. Kegiatan yang lainya adalah : belajar menyapu-membantu memasak-membuat kue dan lain lain yang bersifat hiburan saja . Hasil bukanlah tujuan utama sebab mereka tidak hanya cacat fisiknya tetapi cacat mentalnya juga, dalam hal cacat fisik sekaligus cacat mentalnya pihak panti biasa menyebutnya dengan istilah cacat ganda. Bagaimana dengan kegiatan oma-oma ? mereka diberikan kesibukan merangkai ROSARIO, membuat gantungan kunci,membuat keranjang tempat aqua dari kain perca, serta diajari bagaimana membuat tempe. Khusus oma-oma yang membuat tempe adalah para oma yang cacat fisiknya bukan mentalnya, sebab kegiatan ini melibatkan peralatan yang berbahaya seperti pisau.

Bagaimana dengan kebutuhan akan pendidikan Formal ? Bagi usia anak-anak pendidikan yang formal tidak begitu dititik beratkan. Karena fisiknya dan mentalnya sama sekali tidak mendukung. Sehingga mereka lebih baik diajari bagaimana cara berbicara ( bagi yang bisu ) Latihan bernyanyi bagi mereka yang cacat mentalnya, Bergerak mengaktifkan organ tubuhnya bagi mereka yang memiliki anggota tubuh yang bermasalah.

gfhfghfgh

Dari mana sumber pendanaan ? Sumber pendanaan yang terbesar adalah dari para Donatur spontanitas yang tergerak hatinya untuk menyumbang ( dari gereja-Umat yang peduli ) dll. Dana dari pemerintah yaitu dari Depsos itupun satu tahun sekali yang jumlahnya tidak mencukupi kebutuhan operasional panti asuhan tersebut.

Bagaimana cara merekrut anak-anak dan Oma –oma ? bekerjasama dengan rumah sakit, dimana ada serahterima dari rumah sakit terhadap anak cacat/berkebutuhan khusus untuk di bantu dirawat. Ada juga yang dikirim oleh orang tua mereka karena orang tua tersebut berterus terang bahwa sudah tidak mampu lagi merawat dan membiayai anak kandungnya yang berkebutuhan khusus tersebut. Sedang oma-oma penghuni Panti tersebut yang dikirim oleh keluarganya

Mari kita pertajam terus menerus kepekaan sosial kita dengan tiada henti hentinya untuk berbagi kepada sesame manusia yang benar-benar membutuhkan bantuan. Atasnama Micomm dan The Coach Community kami mengucapkan banyak terimakasih atas sumbangsih rekan-rekan dari Billionaires-Publishing-MDC-Transformer-Oma Dean-Para Bikers Kawasaki Club-dan pihak pihak lain yang tidak berkenan disebut namanya, sekali lagi terimakasih atas kontribusi Financial-Doa-tenaga dan pikiran anda semua, semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu menumbuhkan kerendahan hati anda dan melimpahkan rejeki buat keluarga –anak dan cucu anda mulai sekarang dan sepanjang masa. Amiiiin

 

Ditulis Oleh : Sapodo Bertoes

Kameramen : Febri

Penggagas   : Y W-Novi & Edo

Leave a Reply

4 × 5 =