Mengatasi Sakit Maag di Bulan Puasa

By: | Tags: | Comments: 0 | Juni 9th, 2015

Penyakit maag atau juga yang biasa dikenal nama gastritis merupakan suatu keadaan kesehatan dimana terjadi pembengkakan, peradangan atau iritasi pada lapisan lambung. Penyakit ini biasanya menyerang tiba-tiba dan berlangsung singkat, namun ada saatnya juga merupakan bagian penyakit kesehatan yang serius dan berlangsung cukup lama. Banyak orang menganggap penyakit maag sebagai penyakit yang ringan dan tidak perlu dikhawatirkan. Pengobatan penyakit maag bisa dilakukan dengan cara meninggalkan kebiasaan hidup yang buruk dan memulai hidup sehat, pengobatan kesehatan modern dan juga pengobatan alternatif atau tradisional.

Penyakit maag pada dasarnya menjadi 2 bagian yaitu:

  1. Penyakit maag akut
  2. Penyakit maag kronis.

Penyakit maag terjadi karena beberapa kondisi kesehatan yang tidak baik. Yang sering sekali terjadi dan kerap ditemui adalah peradangan pada lambung muncul akibat dari bakteri bernama Helicobacter pylori. Bakteri yang juga dikenal sebagai bakteri yang bisa memicu borok pada lambung. Penyakit maag yang disebabkan oleh bakteri disebut sebagai maag kronis. Perlu diketahui, infeksi yang disebabkan oleh bakteri Helicobacter pylori bisa sangat membahayakan. Pengobatan penyakit maag kronis tidak bisa dianggap sepele sama sekali karena dapat meningkatkan resiko terkena kanker lambung.

Selain penyakit maag kronis, penyakit maag akut juga merupakan penyakit yang paling banyak di dapati. Penyebab penyakit maag akut terjadi kerena disebabkan oleh faktor stress, pemakaian zat-zat kimia tertentu, konsumsi minuman keras, serta kebiasaan menyantap makanan yang terlalu pedas atau terlalu asam. Ketika seseorang mengalami stres, akan muncul perangsangan saraf simpatis NV atau nervus vagus, yang serta akan meningkatkan produksi asam klorida (HCI) di dalam lambung. Naiknya produksi asam klorida di dalam lubang akan menyebabkan rasa mual, muntah-muntah dan juga anoreksia. Namun, penyakit maag akut bisa diobati dengan cara merubah gaya hidup sehat dan menjadi lebih baik.

Berikut gejala-gejala yang terdapat pada penderita penyakit maag antara lain :

  1. Rasa nyeri di perut dan perut terasa seperti terbakar
  2. Perut terasa kembung dan selalu terus bersendawa
  3. Terasa mual dan ingin muntah
  4. Kurangnya nafsu makan
  5. Selalu cegukan
  6. Diare

Penyembuhan penyakit maag dapat dilakukan dengan menetralkan asam lambung, mengurangi produksi asam lambung, mengobati infeksi pada selaput lendir lambung dan mengurangi rasa sakit akibat iritasi selaput lendir atau kekejangan otot dinding lambung.

Penyakit Maag Asam Lambung

Perasaan perih yang dirasa pada perut di bagian kiri atas atau sekitar daerah lambung hal ini adalah salah satu tanda dari penyakit maag. Mual yang dirasa pada dada juga merupakan salah satu gejala dari penyakit maag. Penyakit maag asam lambung adalah penyakit yang disebabkan dengan meradangnya atau cedera pada lambung yang bisa menyebabkan sel-sel darah putih bermigrasi ke dinding lambung. Dinding lambung ini kemudian mengalami suatu pembengkakan. Namun penyakit maag asam lambung ini belum berarti adanya suatu luka di lambung. Penyebab dari penyakit maag asam lambung bisa disebabkan karena adanya suatu infeksi, suatu iritasi, gangguan autoimun, atau juga aliran balik empedu ke lambung. Infeksi yang terjadi biasanya karena disebabkan oleh adanya suatu bakteri atau juga virus. Sedangan iritasi yang terjadi di lambung ini karena disebabkan karena makanan atau juga obat-obatan. Beberapa obat yang bisa menyebabkan masalah iritasi pada lambung misalnya adalah obat Anti-Inflamasi Non-steroid (NSAID) dan juga aspirin, serta obat lainnya. Makanan yang sifatnnya terlalu asam dan juga pedas bisa menyebabkan masalah iritasi pada lambung yang terjadi secara berlebihan, gangguan muntah yang kronis dan juga hal lainnya. Penyakit maag asam lambung ini bisa terjadi secara mendadak atau juga bisa terjadi secara bertahap.

 Gejala penyakit maag asam lambung ini biasanya tidak dirasakan sama sekali. Namun, yang dirasakan untuk beberapa kali adalah :

  1. Cegukan
  2. Kurangnya nafsu makan
  3. Rasa mual
  4. Muntah dan kadang bisa muntah dengan sedikit darah atau juga keluar cairan seperti kopi dan bisa juga kehitaman pada warna feses atau tinjanya.

Pengobatan penyakit maag asam lambung bisa dilalukan tergantung dari penyebab spesifiknya. Jika yang disebabkan karena penggunaan aspirin atau juga karena obat lainnya, maka coba hentikan pemakaian obatnya. Namun, pada sebagian kasus yang terjadi pada penyakit maag ini menetralkan asam lambung dengan menggunakan obat-obat penekan asam lambung biasanya bisa membantu untuk mengatasi suatu gejala atu obat-obatanya sama dengan yang digunakan pada penyakit tukak lambung.

Maag atau Gastritis

Dalam dunia keksehatan, maag atau gastritis dikenal sebagai penyakit lambung atau dyspepsia. Sebagai organ cerna, lambung berfungsi untuk menyimpan makanan, dan mencerna kembali makanan menjadi partikel yang lebih kecil untuk diteruskan ke duodenum/duodenal. Maag atau gastritis adalah kumpulan gejala yang dirasakan sebagai nyeri terutama di ulu hati, orang yang terserang penyakit ini biasanya sering mual, muntah, rasa penuh dan rasa tidak nyaman.

Beberapa hal yang berpengaruh pada timbulnya penyakit maag atau gastritis, antara lain :

  1. Pengeluaran asam lambung yang berlebihan
  2. Infeksi helicobacter pylori (sejenis bakteri yang hidup di dalam lambung, dalam jumlah kecil) ketika asam lambung yang dihasilkan lebih banyak kemudian pertahanan dinding lambung menjadi lemah, bakteri ini bisa bertambah banyak jumlahnya, apalagi disertai kebersihan makanan yang kurang.
  3. Gangguan gerakan saluran cerna
  4. Stres psikologis

Maag atau gastritis ada yang sifatnya organik dan fungsional. Namun disarankan agar semua penderita penyakit ini sebaiknya melakukan pemeriksaan tuntas. Pemeriksaan yang paling dipilih untuk melakukan pengecekan adalah dengan endoskopi yaitu memasukan alat melalui mulut, sehingga bisa melihat kerongkongan, lambung, sampai usus 12 jari secara langsung.

Maag atau gastritis organik misalnya, terjadi pada tukak lambung, tukak usus 12 jari, atau ada tumor, dan polip atau hemangioma. Pada penderita maag atau gastritis fungsional, sebetulnya tidak ada kelainan. Kalaupun ada kelainan hanya gambaran suatu gastrotis/ gambaran radang pada mukosa lambung.

Pencegahan yang dapat dilakukan untuk maag atau gastritis ini adalah gaya hidup yang dianjurkan untuk mengelola dan mencegah timbulnya gangguan pada lambung antara lain :

  1. Atur pola makan
  2. Olahraga teratur
  3. Hindari makanan berlemak tinggi yang menghambat pengosongan isi lambung (cokelat, keju, dan lain-lain).
  4. Hindari mengonsumsi makanan yang menimbulkan gas di lambung (kol, kubis, kentang, melon, semangka, durian, minuman bersoda dan lain-lain ).
  5. Hindari mengonsumsi makanan yang terlalu pedas.
  6. Hindari minuman dengan kadar caffein, alkohol, dan kurangi rokok.
  7. Hindari obat yang mengiritasi dinding lambung
  8. Kelola stres psikis seefisien mungkin

Penyakit Maag Kronis

Penyakit maag merupakan gangguan kesehatan terkait dengan proses pencernaan, tepatnya usus besar. Perut besar bisa mengalami kerusakan karena proses peremasan yang terjadi terus menerus selam hidup. Selain itu, perut besar bisa mengalami kerusakan jika sering kosong karena perut besar meremas hingga dinding-dinding perut besar lecet atau luka. Penyakit maag kronis (bersifat menahun), sekalipun sering terasa sangat sakit namun tidak akut. Penyakit maag sering dialami orang-orang karier (sibuk) karena mereka sering lupa makan.

Dampak dari penyakit maag antara lain :

  1. Hepatitis A
  2. Daya tahan sangat rendah
  3. Sembelit, pendarahan
  4. Mudah masuk angin

Pencegahan penyakit maag adalah sebagai berikut :

  1. Makan teratur, dan menyadari bahwa makan sebaiknya bukan hanya karena lapar, melainkan sudah waktunya makan
  2. Hindari makanan yang sifatnya merangsang
  3. Menyadari bahwa makan akan menghasilkan energi dan daya tahan tubuh
  4. Hindari minum es
  5. Hindari makan makanan instan
  6. Olahraga teratur, supaya ada rangsangan lapar dan haus.

Gejala-gejala maag adalah sebagaimana dibawah ini :

  1. Sering keluar angin dari perut lewat dubur
  2. Sering keluar keringat dingin
  3. Setelah makan, masih terasa lapar
  4. Susah tidur (gelisah)
  5. Selera makan hilang

Penanggulangan penyakit maag adalah:

  1. Menyadarkan pasien tentang sebab-akibat penyakit maag
  2. Makan bubur halus yang terbuat dari singkong parut dengan teratur sebanyak 3×1 hari
  3. Makan pisang ambon
  4. Perut jangan sampai kosong supaya jangan sampai lecet dinding perut besarnya
  5. Pola hidup dan pola makan yang tidak teratur bisa menjadi penyebab penyakit maag. kronis. Dengan demikian, penyembuhan penyakit maag bisa dilakukan dengan menerapkan pola makan dan pola hidup yang sehat. Sementara itu, obat-obatan yang banyak beredar di pasaran hanya berfungsi membantu proses penyembuhan dan mengurangi rasa nyeri pada penyakit maag.

Pengobatan Maag

Gangguan pada pencernaan, oleh masyarakat sering disebut dengan penyakit maag. Secara umum, penyakit maag atau gangguan fungsi lambung disebabkan oleh tingginya kadar asam dalam lambung. Dalam keadaan normal, lapisan mukosa atau selaput lendir melindungi dinding lambung terhadap pengaruh asam dan enzim yang biasanya terdapat di dalam cairan lambung. Apabila lapisan itu rusak, asam akan merusak dinding lambung dan menyebabkan tukak atau luka. Pengobatan maag yang dilakukan  biasanya adalah jangan telat makan.

Tingginya kadar asam lambung disebabkan oleh produksi asam yang berlebihan. Penyakit maag yang diakibatkan oleh pproduksi asam lambung yang berlebihan diperparah oleh kondisi-kondisi berikut :

  • Waktu makan yang tidak teratur
  • Jenis makanan yang kurang cocok atau sulit dicerna
  • Jumlah makanan yang terlalu banyak atau terlalu sedikit.
  • Gizi atau kualitas makanan yang kurang baik
  • Kebiasaan merokok dan inum alcohol
  • Stres dan kurang istirahat

Untuk mereka yang berusia lanjut pada penderita maag , perlu mengatur makanan lebih khusus, jumlah dan jadwalnya. Sebab fungsi saran pencernaan dengan memperhatikan isi kandungannya. Tepat ketiga adalah tepat solusi, dimaksudkan pengobatan sakit lambung bisa juga dilakukan dengan cara non formakologi, seperti pengaturan gaya hidup dan pola makan sehat.

Bisa juga dengan cara farmakologi, yaitu menggunakan obat-obatan untuk menekan produksi asam lambung atau membunuh kuman yang menginfeksi lambung. Untuk mengatasi serangan nyeri lambung tadi konsumsi obat antasida atau tetral asam lambung seperti hydrotalcire, yang bekerja langsung pada lambung dan melindungi lambung lebih aman. Tapi jika salah persyaratan, seperti menghubungi dokter.

Untuk melakukan pemeriksaan sebelum berobat, dokter akan melakukan pemeriksaan si penderita, pemeriksaan sinar X penderita, serta endoskopi. Siapa tahu bila si penderita juga sedang sedang mengidap anemia yang turut memperparah kualitas asam lambung. Dari semua hasil pemeriksaan ini, tentu saja dokter akan semakin yakin hasil pemeriksaan laboratorium itu.  Memang bagi penderita yang pernah mengidap penyakit maag atau tukak lambung ini, bila ada yang mencurigakan, lebih baik segera berkonsultasi dengan dokter untuk melakukan pengobatan maag. 

Pencegahan Maag

Pencegahan maag dimulai dari :

  1. Menjaga pola makan yang seharusnya. Jumlahnya sesuai dengan kebutuhan, jenisnya juga beragam, dilengkapi dengan jadwal yang teratur. Sesuai dengan yang terangkum dalam gerakan 3 tepat (tepat waktu, tepat nutrisi, dan tepat solusi).
  2. Mengenal tepat pertama yaitu tepat waktu. Sebaiknya jangan hanya makanan ketika sudah sangat lapar. Membiarkan lambung kosong akan membangkitkan asam lambung yang di produksi jadi berlebihan, asam lambung inilah yang akan merusak dinding lambung. Jangan pula makan langsung sehabis melakukan aktivitas berat tanpa istirahat. Seharusnya waktu makan di atur dengan waktu yang sama. Di antara waktu itu boleh mengkonsumsi camilan sebagai makanan selingan. Pilihlah kudapan sehat, seperti buah-buahan , agar-agar, atau kacang-kacangan. Sewaktu makan, jangan lupa mengunyah makanan dengan baik dan tidak terburu-buru karena sipenderita akan dapat merasakan cita rasa makanan itu. Selalu menyiapkan makanan dan amat dianjurkan untuk tiak melakukan langsung pekerjaan, karena dapat mengganggu proses pencernaan. Lebih dianjurkan tidak langsung duduk sesudah makan, tetapi melakukan aktivitas ringan.

Empat nutrisi dimaksudkan artinya jangan makan berlebihan atau kekurangan untuk membantu pencegahan maag. Makanan harus lengkap mengandung :

  • 50-60 persen bahan makan sumber karbohidrat,
  • 10-15 persen sumber protein
  • 2-30 persen berisi sumber lemak.

Perlu pula dihindari makanan yang merangsang lambung, seperti rasa pedas, asam, kopi, minuman bersoda, dan mengandung alkohol. Cukupkan istirahat juga penting sebagai upaya mengelola stres yang menjadi satu pemicu meningkatnya jumlah produk si asam lambung.

Gejala Maag yang lain :

  • Nyeri lambung atau gejala maag yang berulang kali tapi tidak jera meski sudah diobati, juga bisa menjadi awal unculnya penyakit kanker lambung. Disamping itu kotoran atau tinja penderita akan berwarna gelap. Hal ini merupakan tinja yang bercampur dengan darah dan pencernaan. Bila sudah ada tanda-tanda ini, maka segeralah penderitaberkonsultasi dengan para ahli.
  • Disamping itu muncul lagi rasa sakit kepala, mual dan selalu mau muntah. Ketika penderita memuntahkan kembali material yang sudah dimakan sebelumnya yang kadang-kadang bercampur darah atau lendir yang berwarna seperti kopi air.
  • Gangguan pada lambung disebabkan oleh tidak terkontrolnya produksi asam lambung. Tidak jarang, asam lambung naik sampai ke mulut sehingga mulut terasa asam. Sakit maag atau sering disebut radang lambung dapat menyerang setiap orang dengan segala usia. Pada keadaan yang cukup parah, radang lambung dapat menimbulkan perdarahan (hemorrhagic gastritis) sehingga banyak darah yang keluar dan berkumpul dilambung. Penderita bisa muntah yang mengandung darah.
Bagi Anda yang sering mengalami gejala maag, anda dapat mencoba jus kubis untuk menyembuhkannya. Dalam sebuah studi klinis dibuktikan bahwa seseorang yang rutin mengonsumsi satu gelas jus kubis setiap hari selama 10 hari, penyakit maag yang mereka derita dapat sembuh.

Ditulis oleh           : Sapodo

Di Up-load oleh   : Hanifa Putra

Foto                       : Team

Leave a Reply

eight + seventeen =