Manfaat Pare Untuk Kesehatan

By: | Tags: | Comments: 0 | Januari 26th, 2018

Pare sangat kaya akan manfaat dan bagus untuk kesehatan, namun ada beberapa pantangan saat menyantap sayuran ini. Berikut akan kita bahas mengenai manfaat hingga pantangan saat mengkonsumsi sayuran pare;

Keterangan tambahan.

A.   Bahasa Latin buah pare : momordica charantia.

B.   Negara yang menggunakan buah pare sebagai herbal/obat : India, Brasil, Mexico, dan di china telah lama dimanfaatkan untuk pengobatan diabetes.

C.   Kandungan : Phyto Nutrien – Folat – Vitamin C – Flavonid – Vitamin B komplek – Serat.

 

Manfaatnya memang Banyak, tetapi juga ada efek samping bagi kesehatan dan bagi manusia itu sendiri.

 

Baca keterangan dibawah

Manfaat Pare
  1. Untuk menjaga kecantikan kulit

Pare memiliki kandungan Albiminoid, karbohidrat, minyak lemak,asam dammar, kalsium, besi fosfor, protein, vitaminA, B1,C.Akar pare mengandung asam momordial dan asam aleonolat. Sedangkan bijinya mengandung saponin, alkaloid, triterprenoid, dan asam momordial.Buah Pare untuk menjaga kerusakan kulit yang diakibatkan oleh sengatan utra violet.Buah Pare mencegan terjadinya noda hitam dan kerutan pada wajah.

  1. untuk penangkal sel kanker

Menurut beberapa penelitian, Pare mengandung zat lesichin, yang bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan guna menangkalsel kanker.

  1. untuk diabetes

Berdasarkan penelitian Jus buah Pare atau bubuk biji buah pare memiliki manfaat dalam penurunan glukosa darah dan juga untuk meningkatkan toleransi glukosa. Pare mempunyai Efek antidiabetes dari tindakan kompleks beberapa senyawa.Kandungan senyawa charantin, vicine, peptida dan polipeptida-p dapat merangsang sel beta di kelenjar pankreas sehingga mampu memproduksi insulin lebih banyak dan juga meningkatkan cadangan glikogen di hati.

  1. Untuk menurunkan demam, mengatasi gangguan liver, dan sebagai obat cacing. Mereka yang cenderung kadar gula darahnya rendah juga dilarang mengonsumsinya. Begitu juga para ibu hamil dikhawatirkan akan mengalami keguguran.

 

Manfaat Pare berdasarkan kandungan GIZInya :

Pare dikenal memiliki kandungan rendah Kalori, yaitu hanya 17kalori/100gr. Namun bukalah jelek kandungan gizi pare karena mengandung : Fitonutrien-Serat-Mineral-Vitamin dan anti Oksidan.

 

FITONUTRIEN : bahwa pare mengandung phyto terutama polipeptida, yaitu INSULIN yang dikenal untuk menurunkan kadar gula didalam darah. Selain itu pare merupakan agen Hipoglikemik yang disebut Charantin yang berfungsi meningkatkan penyerapan glukosa dan glikogen sintesis dalam sel-sel hati-Otot dan jaringan Adiposa. Berdasarkan kandungan ini di teliti bisa bermanfaat sebagai penurun kadar gula terutama penderita diabetes tipe.2

 

FOLAT : Pare yang masih segar adalah sumber folat yang sangat baik yaitu sekitar 72mg/100gr ( 18% dari RDA). Folat ini ketika dikonsumsi oleh ibu yang sedang hamil akan mengurangi timbulnya cacat tabung saraf pada bayi yang baru lahir.

 

VITAMIN. C : Pare segar adalah yang sangat baik sebagai sumber Vitamin C. ( 100gr pare mentah terdapat sekitar 84% atau sekitar 140% dari RDI ). Manfaat Vitamni C adalah salah satu anti oksidan alami yang kuat dan membantu mengikat radikal bebas yang merusak tubuh manusia.

 

FLAVONOIT : adalah sumber yang sangat baik untuk kesehatan. Manfaat B.karotin-A karotin-Lutein-Zeaxanthin. Selain itu juga mengandung sejumlah v itamin A. senyawa ini bisa membantu melindungi tubuh dari radikal oksigen yang diturunkan bebas dan spesies oksigen Reaktif ( ROS) yang berperan dalam penuaan-Kanker dan berbagai penyakit.

 

VITAMIN B KOMPLEK :  pare merupakan sumber moderat vitamin B komplek seperti : Niasin/Vit.B.3 – Asam Pantotenat/Vit. B.5 – Piridoksin/Vit.B.6 – dan mineral sperti : Zat Besi – Seng Kalium-Mangan dan Magnesium.

 

SERAT : Pare dapat merangsang pencernakan yang mudah dan gerakan peristaltic memlui usus sampai diekskresikan dalam tubuh. Sehingga akan dapat mengurangi gangguan pencernakan dan masalah sembelit.

EFEK SAMPING MENGKONSUMSI PARE.
  1. Untuk ibu HAMIL dan MENYUSUI

Pare kemungkinan besar tidak aman dikonsumsi selama masa kehamilan. Sebab bahan kimia tertentu dalam daging dan biji pare dapat memicu menstruasi dan menyebabkan aborsi pada hewan. Tidak cukup penetilitian pada ibu yang menyusui. Tetapi demi keamanan tetap dihindari

  1. Penderita Diabetes

Pare dapat menurunkan kadar gula didalam darah, namun tetaplah berhati-hati mengkonsumsi pare yang bertujuan untuk menurunkan kadar gula, bisa juga akan terjadi penurunan kadar gula secara Drastis. Monitor terus kadar gula anda dengan hati hati

  1. Orang yang akan menjalani operasi Bedah

Ada kekawatiran bahwa pare bisa mengganggu control gula darah selama dan setelah operasi. Berhentilah mengkonsumsi pare minimal 2 minggu sebelum jadwal operasi.

 

Catatan : Pare aman dikonsumsi dalam jangka pendek- Tetapi belum cukup bukti bahwa pare itu berbahaya bagi kesehatan manakal dikonsumsi dalam jangka panjang/ diatas3 bulan berturut-turut.

Selain kaya akan manfaat dan gizinya, sayuran ini bisa di olah menjadi Oseng Pare yang lezat

Leave a Reply

8 + seven =