PELUANG BISNIS PENITIPAN ANAK

By: | Tags: | Comments: 0 | Desember 8th, 2015

peluang bisnis penitipan anak

Kondisi hidup jaman sekarang memang sudah berbeda dengan jaman dahulu sebelum tahun 2000-an. Jika pasangan suami istri tinggal disatu kota besar sedangkan pihak suami saja yang bekerja, maka dipastikan secara financial akan terjadi ketidak seimbangan, antara pemasukan dan pengeluaran, sehingga apa yang terjadi, maka pasangan keluarga baru tersebut tidak akan bisa menabung. Justru jika keduanya harus berkarir di sebuah perusahaan, permasalahannya adalah si kecil harus dititipkan dimana. Sungguh tidak mungkin jika sang ibu membawa anak/bayinya ikut masuk kekantor. Sehari dua hari karyawan yang lain bisa mentoleransi, tetapi jika sepanjang bulan si anak dibawa kekantor akan menimbulkan gangguan bagi karyawan yang lain. Solusinya adalah si anak harus ditipkan.

Menyediakan jasa pengasuh dapat dijadikan peluang bisnis terutama jika anda memiliki pengalaman bekerja sebagai pengasuh, atau setidaknya anda memiliki hobby bergaul dengan anak-anak, yang membuat anda terhibur. Jika anda tertarik untuk membuka bisnis semacam ini tolong perhatikan beberapa aspek dibawah ini

  1. Formalitas Hukum
    Saat menjalani bisnis pengasuh, Anda mungkin perlu menyelesaikan formalitas tertentu tergantung tempat Anda memulai bisnis. Lalu konsultasikan dengan ahli pajak dan asuransi untuk memahami apa kebutuhan bisnis Anda.
  1. Pemilihan Lokasi
    Pilih lokasi yang strategis. Seperti yang dilakukan Peni dan Nuni, mereka memilih lokasi di perumahan baru, sehingga penghuninya juga kebanyakan pasangan baru yang sibuk.Hal ini menguntungkan, selain karena terjaminnya keamanan jika di dalam kompleks. Suasana rumah yang aman dan nyaman menjadi penentu kepercayaan pelanggan. Pemilihan lokasi yang tepat dan strategis akan sangat menentukan minat calon konsumen. Untuk itu, ada baiknya bila Anda memilih lokasi yang luas dan tidak terlalu ramai dengan kondisi masyarakat yang memadai. Dengan lokasi yang tidak terlalu ramai dan cenderung lebih tenang, maka anak akan merasa lebih nyaman dan lebih bebas dalam melakukan aktivitasnya. Dengan begitu, anak tidak merasa terganggu dengan suara bising yang mungkin saja dapat membuat anak menjadi rewel.
  1. Pemasaran lewat Iklan
    Anda dapat beriklan mengenai bisnis pengasuh lewat website yang telah dibuat agar mendapatkan klien dan pengasuh. Selain itu, Anda dapat memanfaatkan iklan di koran. Cobalah juga untuk membuat poster dan memasang selebaran di sekitar kampus, yang mungkin mahasiswi sedang mencari pekerjaan. Pemasaran lewat mulut ke mulut juga sangat penting, jadi bangunlah reputasi yang baik.
  1. Wawancara dan Referensi
    Saat merekrut pengasuh, jangan memilih lewat wawancara telepon. Anda sebaiknya bertemu langsung dengan kandidat pengasuh agar mengetahui sifat kepribadiannya, penampilan, kebersihan dan mengisi formulir aplikasi untuk mengetahui kualifikasi yang diinginkan. Lalu wawancara kandidat satu per satu dengan menanyakan pengalaman, hobi dan apakah mereka menyukai anak-anak. Anda juga harus melakukan verifikasi terhadap kandidat pengasuh yang direferensikan. Hal ini karena banyak risiko yang terlibat dalam bisnis ini. Oleh karena itu, Anda harus cek dan verifikasi terhadap formulir pendaftaran dan aplikasi yang sudah diisi oleh calon pengasuh.
  1. Keterampilan yang Harus Diperhatikan
    Untuk merekrut pengasuh ada sejumlah keterampilan yang harus dimiliki. Menjadi hal utama yaitu menyukai dan peduli terhadap anak-anak. Dua hal itu menjadi kualitas yang dimiliki pengasuh yang baik. Selain itu, pengasuh itu dapat diandalkan dan dipercaya.Tak hanya itu saja, ia juga diharapkan dapat memberikan motivasi dan memberi kontribusi terhadap perbaikan dan perkembangan anak. Pengasuh tersebut juga dapat bersikap disiplin dan komunikatif.
  1. Melakukan Pemeriksaan Latar Belakang
    Anda tidak ingin merusak reputasi dengan mempekerjakan orang yang salah untuk pekerjaan itu. Oleh karena itu, pastikan Anda untuk memiliki orang handal agar menyelidiki latar belakang calon pengasuh. Selain itu, Anda juga dapat memeriksa latar belakang kriminal seseorang lewat Kepolisian.Untuk memastikan, Anda juga dapat meminta calon pengasuh agar mengisi catatan kriminal bila memiliki catatan kriminal. Anda juga harus memberitahukan kepada calon kandidat mengenai pemeriksaan latar belakangnya.
  1. Aplikasi Klien
    Serupa dengan formulir aplikasi pengasuh, Anda sebaiknya membuat formulir aplikasi klien. Formulir aplikasi untuk klien ini agar mengetahui rincian tentang anggota keluarga, usia anak-anak dan agar dapat mengetahui apakah pengasuh diperlukan untuk waktu penuh dan part time. Lalu bila pengasuh perlu bepergian ke luar negeri dengan keluarga juga harus disebutkan dalam aplikasi. Bila anak membutuhkan bantuan khusus juga harus disebutkan dalam aplikasi.
  1. Membuat kontrak
    Anda harus membuat dua kontrak yaitu satu untuk pengasuh dan untuk klien. Anda harus mempersiapkan kontrak ini setelah berkonsultasi dengan pengacara Anda.Dalam kontrak pengasuh harus mencakup informasi seperti durasi kerja, pembayaran dan tugas. Sedangkan kontrak klien akan mencakup persyaratan pembayaran, syarat dan ketentuan lainnya
  1. Pengaturan Tarif
    Anda akan harus mengatur tingkat yang sesuai dengan kebutuhan klien. Jika diperlukan, Anda dapat memasukkan jumlah jam per minggu untuk pengasuh yang dibutuhkan dan masa kerja. Adapun kriteria untuk menentukan tarif antara lain seperti jam kerja full time atau tidak, jumlah jam kerja, total jumlah anak, umur anak, anak-anak yang membutuhkan bantuan khusus, pekerjaan rumah tangga, dan transportasi anak.
  1. Cara Pemasaran : Tahap awal dapat dilakukan dengan cara promosi dari mulut ke mulut, sebab jasa penitipan anak tingkat keberhasilannya tergantung pada rasa kepercayaan. Mulailah dari anak-anak yang ada di sekitar rumah Anda. Selanjutnya Anda bisa mulai mencoba untuk menawarkan kepada relasi Anda. Perkenalkan usaha ini bisa juga melalui Internet dengan membuat website ataupun mempromosikannya kepada tetangga sekitar sangatlah penting. Targetkan warga sekitar untuk menjadi pelanggan karena jarak juga menentukan kepercayaan orang tua dalam menitipkan anaknya. Di dalam website juga dapat diperkenalkan bagaimana cara-cara membina anak dalam usaha penitipan anak tersebut

peluang bisnis penitipan anak 2

Keuntungan jika anak dititipkan

  1. Anak lebih cepat mandiri
  2. Anak belajar berinteraksi secara social
  3. Anak memiliki kosa kata baru dan terus berkembang
  4. Ortu merasa nyaman Karena anak dalam posisi aman

Kelemahan

  1. Jika tempat penitipan tidak sesuai kapasitas, maka bisa menimbulkan banyak hal negative
  2. Jika satu anak terkena flue,Diare, maka potensi untuk tertular cukup tinggi
  3. Anak akan menjadi kurus, jika 1 orang pengasuh mengurus lebih dari 6 anak
  4. Anak menjadi tidak kerasan jika perbandingan umur satu dengan yang lain terlalu jauh

 

Leave a Reply

three × three =