Perangi Asma dengan 8 Bahan Alami Ini

By: | Tags: | Comments: 0 | February 23rd, 2017

Asma merupakan gangguan dalam paru-paru yang dapat menyebabkan seseorang sulit bernafas. Biaya pengobatan asma yang semakin hari semakin mahal, membuat banyak orang beralih menggunakan bahan-bahan alami tanpa harus keluar uang banyak.

Dikutip dari situs Draxe pada Kamis (23/2/2017) berikut sejumlah bahan makanan yang bermanfaat mengobati dan mencegah kambuhnya asma;

1.Karotenoid

Kandungan karotenoid sering ditemukan dalam buah dan sayur berwarna terang (oranye dan merah). Vitamin A yang berasal dari karotenoid dapat menjaga kesehatan saluran rongga udara dalam paru-paru.

Sebuah studi mengungkapkan, 68ribu orang wanita yang mengonsumsi lebih banyak sayuran seperti tomat, wortel, dan buah beri dapat menurunkan angka risiko terkena asma.

2. Folate (Vitamin B9)

Folate berfungsi untuk menurunkan reaksi alergi dan peradangan pada saluran pernapasan. Selain itu folate juga dapat mengurangi bengek yang sering terjadi pada penderita asma.

Makanan yang mengandung tinggi vitamin B9 bisa kita dapatkan dari sayuran hijau, buncis, dan kacang-kacangan.

3. Vitamin C dan E

Vitamin C dan Vitamin E kaya akan antioksidan yang dapat mengurangi kadar racun dalam tubuh. Banyak penelitian menyebutkan, mengonsumsi vitamin C juga dapat menurunkan radang dan bengek dalam penyakit asma.

4. Makanan yang mengandung magnesium

Ternyata, kurang mengonsumsi asupan zat magnesium dalam tubuh dapat meningkatkan potensi terkena penyakit asma.

Magnesium berfungsi mengurangi gejala asma serta otot-otot kejang. Keunggulan dari magnesium juga dapat mempermudah masuknya udara ke dalam paru-paru. Magnesium bisa ditemukan dalam biji-bijian, seperti buncis dan kacang-kacangan.

5. Sayuran cruciferous

Terkenal dapat megurangi risiko terkena penyakit kanker, kelompok sayuran ini ternyata juga dapat mengobati penyakit asma.

Kandungan dari jenis sayuran ini mengandung banyak antioksidan dan zat yang bernama sulforaphane. Kegunaan dari zat ini dapat meningkatkan kumpulan enzim antioksidan yang dapat menahan efek polusi yang berbahaya. Kelompok sayuran ini terdiri dari beberapa sayuran seperti brokoli, kubis, lobak, serta kembang kol.

6. Bawang putih, bawang merah dan mustard

Ketiga bahan tersebut dapat membantu melawan infeksi bakteri dan meningkatkan kesehatan imun tubuh. Kandungan yang terdapat di dalamnya mengandung antioksidan yang bernama quercetin yang dapat menghalangi terjadinya peradangan dalam tubuh.

Minyak dari mustard dapat digunakan untuk melegakan saluran pernafasan dan memulihkan pernafasan agar kembali normal.

7.Jahe

Jahe dikenal dapat mengobati beragam penyakit termasuk asma. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa jahe dapat mengurangi peradangan saluran pernafasan serta menghalangi penyusutan saluran pernafasan. Kandungan dari jahe dapat meningkatkan efek relaksasi pada otot tubuh.

8. Omega-3

Omega-3 sering kali dijumpai dalam lemak ikan, seperti salmon, trout, tuna, dan sarden. Fungsi omega 3 dapat membantu menurunkan kejadian atau kekambuhan asma secara signifikan, karena omega-3 berfungsi mengurangi peradangan saluran pernafasan serta meningkatkan fungsi paru-paru.

Selain baik untuk orang dengan asma, itu omega-3 juga dipercaya untuk mengobati penyakit jantung.

Leave a Reply

twelve − 7 =