Persepsi Komoditas Perlu Dihindari untuk Bangun Brand Premium

By: | Tags: | Comments: 0 | Oktober 30th, 2014

brand

Membangun dan menjaga nama besar sebuah brand atau merek membutuhkan perencanaan dan strategi serta eksekusi yang tepat. Namun yang dibutuhkan lebih dulu dari semua itu adalah pola pikir yang mendasari brand Anda. Seperti apa brand Anda ingin dipandang oleh konsumen dan masyarakat luas? Itulah yang akan memandu Anda dalam membangun dan menjaga brand bisnis Anda.

Jika Anda ingin brand bisnis Anda dikenal sebagai brand yang bercita rasa tinggi, hindarilah persepsi komoditas yang membuat perusahaan Anda seolah-olah menjual barang atau jasa hanya untuk mengejar target pendapatan dan hanya menjadikan konsumen sebagai sapi perahan.

Sebaliknya, Anda perlu membuat konsumen mengalami pengalaman yang berbeda dari brand lain. Dalam menciptakan pengalaman yang unik ini dibutuhkan sekali daya inovasi yang tinggi. Anda perlu memiliki berbagai ide yang siap dieksekusi secara berkala agar konsumen tidak bosan. Menjadi berbeda dari kebanyakan pelaku bisnis dalam industri Anda begitu penting.

Jika Anda nekat untuk terjun dalam tren perang harga dalam menarik konsumen, reputasi brand Anda sebagai brand kelas atas juga akan memudar. Karena di sini Anda akan banyak bermain margin keuntungan dan biasanya kualitas barang atau jasa yang akan menhadi korbannya. Karenanya jika brand Anda ingin tetap dipandang premium, tetaplah setia dengan menjual pengalaman. (Akhlis)

Leave a Reply

4 × 5 =