Potensi Bisnis Menjual Karya Seni Nusantara

By: | Tags: , , , , , , , | Comments: 0 | Desember 19th, 2014

Memang membuka usaha menjual barabg seni memiliki pangsa pasar tersendiri dan itu potensinya cukup besar. Namun tidak semua barang seni bisa di minati atau banyak penggemarnya. Oleh karena itu team The Coach mencoba untuk mengamati peluang bisnis ini, lalu mengumpulkan data, mengevaluasi data hingga mengambil kesimpulan yang namanya Bisnis menjual karya seni itu dibatasi dalam ham karya seni sebagai berikut :

  1. Lukisan Kaligrafi
  2. Lukisan / Foto di kanvas
  3. Mobil Kuno
  4. Motor Kuno
  5. Keris/Pedang
  6. Batu akik
  7. Mebel Katu jati
kaligra lukisan

Kaligrafi                                                                                  Galeri Lukisan

mercy Motor Norton 1939

Mobil Mercy 1947                                                                                  Motor Norton 1939

 

 

Galery Batu Akik Galeri Keris pusaka

Galery Batu Akik                                                            Galeri Keris pusaka

Galeri Gembol kayu Jati jati

Galeri Gembol kayu Jati                                                               Galeri kayu jati tua/utuh

Galery perkakas kuno Galeri Tombak

Galery perkakas kuno                                                             Galeri Tombak

Galeri Sepeda Kumbang Galeri Pedang

Galeri Sepeda Kumbang                                             Galeri Pedang

piring Guci China Tiongkok

Aneka Piring/Guci Kuno                                            Guci China Tiongkok

Lampu Keraton Cangkolongm alat merokok jaman d

Lampu Keraton                                      Cangkolong/alat merokok jaman dulu

Tak dapat dipungkiri, Indonesia sebagai negara dengan mayoritas penduduknya adalah muslim, dan memiliki adat istiadat yang beraneka ragam seni dan budaya, juga tercatat sebagai negara dengan penganut agama Islam terbanyak di dunia, merupakan pangsa pasar yang cukup menjanjikan bagi usaha-usaha yang berhubungan dengan Islam, termasuk seni kaligrafi Islam, Keris pusaka, kemagisan dari bati akik, menggemari koleksi barang aneh dll.

Fakta ini patut diperhitungkan, mengingat angka pemeluk agama Islam dan budaya nusantara yang cukup fantastis itu, tentu kita harus jeli memanfaatkannya sebagai peluang bisnis yang bukan hanya menguntungkan secara ekonomis (profitable), tapi juga bernilai ibadah karena kita turut serta berdakwah melalui seni kaligrafi dan mengagungkan ayat-ayat Allah, serta peninggalan sejarah para leluhur kita. Sungguh ironis dan memprihatinkan jika di kediaman orang Indonesia tidak di isi oleh lukisan-lukisan religius dan patung-patung materialistic saja , tapi tak kita akan jumpai berbagai macam benda seni baik hanya menonjolkan nilai seninya saja ataupun menonjolkan unsur magisnya, sehingga tak jarang benda-banda tersebut terpampang di dindingnya.

Sistem berdagang

  1. Buatlah Galery isilah barang-barang yang kami sarankan tersebut diatas, karena itu sudah kami survey dan memiliki penggemar tersendiri.
  2. Barang yang sudah didapat upayakan cara pembayarannya adalah dengan system konsinyasi, laku barangnya baru dibayar kepada pemiliknya. Jika belum laku biarkan barang tersebut nongkrong di galeri anda, karena pada dasarnya orang datang bukan tidak mau membeli, tetapi ketika datang belum ada duit. Harapannya jika sudah ada duit calon pembeli tersebut akan datang kembali dan mencari barang yang diincar.
  3. Tatalah barang seni tersebut dengan cara seartistik ungkin, agar menarik perhatian calaon pembeli.
  4. Lengkapi galeri anda dengan sudut Coffeeshop, jual kopi dan makanan ringan, harga tidak perlu mahal-mahal.
  5. Fasilitasi dengan Internet/Wifi dan beberapa buku majalah kuno.
  6. Perlahan-lahan lakukan seleksi barang darimana yang paling diminati oleh para penggemar barang seni.

Kelebihan dari usaha ini : terutama terletak pada harganya yang tidak patok terendah maupun tertingginya. Tergantung orang suka pasti mereka akan bayar sesuai permintaan dari pemiliknya. Demikian sistem konsinyasinya adalah penjual bebas mematok harga berapun kepada calon pembeli. Yang namanya hobi/kegemaran itu relative. Suka akan dibayar perapapun harganya. Kalau tidak suka, ditawarin harga semurah apapun tidak akan dibeli. Kunci dari menjalankan bisnis ini adalah hobi.  Jangan main coba-coba kalau tidak ada hobi anda akan segera bosan, bisnis yang baru dibuka akan segera ditutup dan akan segera menuruti saran teman bukalah bisnis ini-bisnis itu, hingga pada ahkirnya uang pensiun anda habis. Lakukan konsultasi dengan team The Coach, pada setiap kegiatan bisnis anda, bukan apa ? Kami sayang dengan Anda semua , oleh karena itu jangan sampai uang habis for nothing.

 

Ditulis oleh : Sapodo & Novi

Diupload oleh : Adit & Udin

Leave a Reply

2 × 4 =