Sehat Tanpa Obat (Bagian 2)

By: | Tags: , | Comments: 0 | Januari 25th, 2018

Dr. Indah. Konsultan Medis The Coach Community-Indonesia

Sehat tanpa obat bagian dua ini, kami membahas  perananan “PERILAKU “ dalam kesehatan.

Perilaku kita sehari hari hari sangat erat hubungannya dengan status kesehatan kita.

Kenapa seperti itu?  Karena tubuh kita selama kita bernafas butuh makanan,  butuh aktifitas untuk melancarkan aliran darah sebagai pengangkut nutrisi dan oksigen untuk seluruh sel dalam tubuh kita. Perilaku mengkonsumsi makanan tak sehat atau melakukan perilaku yang membuat kesehatan tubuh terganggu seperti duduk membungkuk, malas mandi, dan lain sebagainya menjadi salah satu faktor seseorang terjagkit penyakit. Berikut merupakan beberapa contoh perilaku sebagai bahan acuan untuk memulai pola hidup sehat.

LAKUKAN :
  1. Berdoa : sebagai sumber kabahagiaan untuk menikmati hari hari yang sdh disediakan Tuhan untuk kita.
  2. Olah Raga : entah itu jalan kaki, menyapu, mengepel, yoga,  senam, bercocok tanam,  sebagai sarana melatih otot jantung kita dan melancarkan aliran darah,  serta membuang zat zat sampah kita lewat  keringat.
  3. Pola Makan :  Pola makan disini, haruslah makanan yang sehat, segar, dan jenis serta jumlahnya yang cukup, sesuai dengan kondisi  masing masing kesehatan kita.
  4. Menjaga Kebersihan : Cuci dan bersihkan bahan makanan mentah yang akan dimasak dengan cara yang benar menggunakan air mengalir.
  5. Memilih Menu Makanan : Makanlah makanan yang segar dan kurangi makanan instan.
  6. Konsumsi Buah : Buah dimakan 1-2 jam sebelum makan, supaya  nutrisi yang ada di dalam buah bisa terserap ,dan dimanfaatkan secara maksimal oleh tubuh.
  7. Lakukan Aktifitas Setelah Makan : hendaknya melakukan aktifitas 10 menit,  untuk membantu pembakaran kalori. Jadi jangan langsung duduk duduk apa lagi tidur.

Berikut adalah tips sederhana yang bisa saya bagikan sebagai dasar cara berpikir kita.  Sehingga diharapkan kita mampu mengaplikasikan dalam hidup kita sehari hari.

Terimakasih, Salam sehat sejahtera

 

 

 

Ditulis Oleh       : Dr. Indah

Di edit Oleh       : Team The Coach

 

 

Leave a Reply

6 + 19 =