Simak Cara Budidaya Ikan Lele yang Mudah dan Murah

By: | Tags: , , | Comments: 0 | November 17th, 2014

cara-budidaya-lele

Setelah Mengetahui Besarnya Prospek Bisnis Ikan Lele, Saatnya Kini Anda Belajar Cara Budidaya Ikan Lele yang Mudah dan Murah.

Ketika Anda sudah mengetahui prospek bisnis ikan lele, sekarang saatnya Anda mengetahui cara budidaya ikan lele. Walaupun terlihat cukup murah dan mudah, Anda juga harus mempersiapkan secara teliti dan matang. Ketika persiapan Anda tentang cara budidaya ikan lele sudah matang, tinggal Anda mengumpulkan niat untuk tetap konsisten dan terus berusaha. Berikut adalah cara budidaya ikan lele.

 

Anda butuh kolam

Tentu ini yang paling sederhana, ketika Anda ingin mencoba budidaya ikan lele pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat kolam. Budidaya ikan lele tidak memerlukan lahan yang terlalu luas, karena jika Anda masih awam dan masih pertama kali mencoba Anda cuma membutuhkan 3 sampai 4 kolam. 2 kolam berukuran 3 meter x 2 meter untuk bibit ikan lele, sedangkan 2 kolam 5 meter x 2 meter untuk pengembangbiakan ikan lele. Jika Anda kesulitan untuk membuat kolam, Anda bisa menggunakan kolam terpal atau tendon untuk budidaya lele Anda.

 

Pilih bibit yang berkualitas

Anda harus memilih bibit lele yang baik dan tentu berkualitas. Anda bisa memilih bibit lele sangkuriang atau lele dumbo. Lele sangkuriang dapat dipanen dalam waktu 2 sampai 3 bulan, sedangkan untuk lele dumbo 3-4 bulan. Juga perhatikan lebar kolam Anda dengan pembelian bibit lele, jika kolam Anda tidak terlalu lebar Anda juga membeli bibit jangan terlalu banyak. Kualitas bibit dan lebar kolam akan mempengaruhi tingkat stres ikan lele Anda.

 

Rajin kasih makanan lele

Sama seperti hewan lainnya, untuk ikan lele Anda juga harus memberi makan. Makanan lele sebenarnya cukup mudah dan tentu murah, yaitu pelet. Pelet sendiri harganya sangat murah, yaitu sekitar 200ribu per karung. Anda bisa memberi makan ikan lele Anda sekitar 2 kali sehari, yaitu pagi dan sore hari. Anda juga bisa mebeli pakan lele tambahan seperti usum ayam, atau batang ayam.

 

Kembangbiakkan ikan lele Anda

Ini yang akan membutuhkan sedikit tenaga dari cara budidaya ikan lele, yaitu Anda harus memisahkan ikan lele yang sudah besar dan ikan pilihan untuk dikembangbiakan. Lalu taruh dalam kolam tersendiri untuk mengawinkan antara betina dan jantan. Kenapa Anda harus mengembangbiakan ikan lele? Karena Anda tidak harus selalu membeli bibit ikan lele bukan. Kalau Anda bisa membuat bibit sendiri kenapa tidak.

 

Cegah lele-lele Anda terkena penyakit

Tidak lucu kan kalau Anda sudah susah-susah budidayakan ikan lele tetapi banyak lele yang mati, Anda tentu rugi. Anda harus memperhatikan kesehatan lele Anda. Yang paling mudah adalah, selalu cek jika ada lele yang mati dan harus segera Anda buang. Karena lele yang mati akan menularkan penyakit. Tentu jika banyak lele yang terkena penyakit kualitas lele Anda akan turun.

 

Jual!

Kalau sudah menyampai masa panen, Anda harus segera melakukan panen dan menjual. Karena jika lele melebihi masa panen maka kualitasnya akan turun. Ketika Anda sudah mendapatkan pembeli yang tepat, Anda tentu tidak perlu susah-susah mencari pembeli tinggal menunggu masa panen.

Nah, sekarang Sobat Studentpreneur sudah mengetahui bagaimana cara budidaya ikan lele. Bagaimana menurut Anda? Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Theriot]
Sumber: http://studentpreneur.co/

Leave a Reply

eighteen − eight =