Tips Keuangan Beli Mobil

By: | Tags: , , , , , , | Comments: 0 | Januari 19th, 2015

beli mobil

Anda berniat untuk membeli mobil baru atau mobil bekas? Apa pun pilihannya, jangan sampai pembelian mobil membuat keuangan Anda sakit. Simak 8 tips dari saya berikut ini.

Tentukan Berapa Anggaran
Meski terlihat sepele, saya tekankan belilah mobil sesuai kemampuan financial Anda. Mobil bukanlah investasi, tetapi bisa jadi modal bekerja. Jika Anda menjual mobil sebelumnya, jangan malas mencari penawar terbaik. Oleh sebab itu, sebelum menentukan jenis mobil, tentukan dulu berapa anggarannya.

Beli Mobil Baru atau Bekas
Masing-masing pilihan memiliki keuntungan dan kekurangan. Mobil baru berisiko terjadi penurunan nilai jual yang tajam. Sedangkan, mobil bekas berisiko sering servis jika riwayat pemakai sebelumnya kurang baik. Jika ingin beli mobil bekas, usahakan mengajak teman yang paham mesin atau beli dari dealer mobil bekas bergaransi.

Pilih Jenis dan Merek Mobil
Berdasarkan anggaran diatas, persempit pilihan mobil yang sanggup Anda beli. Sebaiknya lakukan riset dan pencarian melalui media koran, majalah, atau pun online. Lebih baik lagi jika Anda datang ke pameran otomotif sehingga dapat melakukan perbandingan fitur dari beberapa merek.

Hitung Biaya Total Kepemilikan Mobil
Pahami bahwa memiliki mobil artinya ada pos pengeluaran khusus setiap bulan. Biaya kepemilikan mobil bukan hanya harga beli, tetapi juga biaya asuransi, biaya bunga jika ada pinjaman, biaya pajak, biaya bensin, serta biaya servis beserta turunannya. Frekuensi pemakaian juga akan berpengaruh terhadap biaya kepemilikan mobil karena kilometer akan cepat bertambah.

Tentukan Beli Tunai atau Kredit
Pembelian mobil secara tunai selalu merupakan pilihan yang optimal karena harga mobil akan turun, sedangkan pinjaman ada biaya bunganya. Jika Anda memang harus mengambil kredit, pastikan Anda punya dana awal minimal 30% yang bisa berasal dari penjualan mobil sebelumnya atau pun sudah ditabung. Cicilan pinjaman mobil juga batasi hanya sebesar 20% dari gaji bulanan.

Tentukan Fasilitas Pinjaman
Pinjaman pembelian kendaraan dapat berasal dari perusahaan leasing dan kredit bank. Secara umum, biaya bunga dan ketentuan pelunasan dipercepat lebih fleksibel melalui kredit bank. Namun, proses pengajuannya juga lebih rumit dibandingkan keperusahaan leasing.

Kunjungi Beberapa Dealer
Beberapa dari Anda mungkin tidak tahu bahwa setiap dealer punya mekanisme diskon yang berbeda. Setelah menentukan merek mobil yang akan dibeli, lakukan window shopping ke minimal 3 dealer. Mintalah diskon terbaik plus layanan tambahan lain seperti gratis aksesoris mobil, gratis biaya plat nomor, dan lainnya. Setiap dealer juga umumnya bekerjasama dengan perusahaan leasing atau kredit bank yang berbeda. Jika Anda punya pilihan yang lebih menarik, ajukan saja pinjaman dari institusi pilihan Anda.

Pilihlah Kombinasi yang Optimal
Mobil merupakan barang konsumsi yang akan dipergunakan dalam jangka diatas 1 tahun. Itu sebabnya, usahakan untuk melakukan test-drive agar Anda benar-benar puas dengan pilihan mobil. Jika Anda sudah berkeluarga, ajak juga pasangan dan anak untuk ikut memberikan pendapat dan suaranya. Live a Beautiful Life!

Prita Ghozie (@PritaGhozie, ZAP Finance / http://infojakarta.net)

Leave a Reply

1 × three =