Tips Sukses Berbisnis – mulai dari usaha kecil dan cepat sukses

By: | Tags: | Comments: 0 | Agustus 7th, 2014

1.     Jangan terus menunda. Mulailah mencoba berbisnis sejak dini

Usia 25 tahun adalah usia yang tepat untuk memulai berbisnis, karena jika mengalami kegagalan, Anda masih punya cukup waktu, atau mungkin belum terlalu banyak tanggung jawab untuk bangkit dan memulai kembali bisnis Anda. Pada usia 30 tahun, seharusnya Anda sudah lebih matang, setelah mengalami kegagalan, mungkin ditipu orang, menyadari bahwa tidak gampang untuk memasarkan produk/jasa, dll.

2.     Disiplin

Saat memulai usaha sendiri, Anda adalah bos diri Anda. Tidak ada lagi yang memiliki otoritas lebih tinggi untuk mengatur langkah-langkah Anda. Oleh karena itu, Anda harus disiplin untuk memastikan produktivitas yang tinggi.

3.  Fokus

Janganlah terus menerus merubah ide/fokus bisnis Anda. Tentunya tetaplah memperhatikan ketika ada kesempatan lain di sekitar, akan tetapi cobalah memodifikasi dan kerahkan waktu dan usaha yang cukup untuk membuat ide bisnis Anda bertumbuh, sebelum menggantinya dengan sesuatu yang tak pasti/ tidak berpotensi jangka panjang.

4.     Mau Bekerja Keras

Tentu tidak ada bisnis yang mudah, beresiko rendah, tidak memerlukan Anda untuk memutar otak, dan tidak perlu kerja keras. Put in the extra effort. Bisnis yang mudah, cepat, beresiko rendah biasanya tidak tahan lama, karena berarti mudah sekali untuk ditiru orang lain, bukan?

5.     Hargai waktu

Saat menentukan harga jasa/produk Anda, jangan hanya melihat harga bahan baku/cost price saja. Hargailah juga waktu dan usaha yang dituangkan ke dalam pembuatan produk/jasa tersebut. Ini baik untuk memastikan bisnis yang tahan lama, karena usaha Anda terasa lebih berarti.

6.     Jangan bersaing hanya dengan harga

Penting sekali untuk menjadi yang terbaik. Carilah keunggulan dari produk/jasa Anda, atau yang disebut dengan competitive edge. Jika Anda tidak bisa menyaingi produk-produk dari merk ternama, perhatikanlah dimana Anda bisa memberikan personal touch yang berarti bagi customer Anda.

7.     Jangan setengah-setengah

Kesungguhan Anda dalam menghasilkan produk/jasa yang Anda tawarkan akan terlihat. Dari awal, mulailah dengan segenap hati Anda, hanya berikan yang terbaik. Bisnis Anda milik Anda, keuntungan yang Anda raih juga hanya untuk Anda.

8.     Ketahui modal/biaya yang dikeluarkan

Ini penting sekali agar Anda tidak bangkrut sebelum bisnis Anda membawa hasil yang menggembirakan. Hitunglah dengan pasti, berapa besar modal yang Anda perlukan, dan berapa lama bisnis ini bisa bertahan, bahkan saat belum membuahkan hasil.

9.     Pelajari model bisnis sukses yang bisa Anda contoh.

Jangan mencontek, tapi pelajarilah model-model bisnis dari orang-orang yang sudah sukses. Pelajari dan ciptakan model bisnis yang paling sesuai untuk Anda sendiri.

Leave a Reply

three × 2 =