Wimpi Ristianto

By: | Tags: | Comments: 0 | Agustus 14th, 2014

“ Berbagi wacana “

Melihat perkembangan yang sudah dilakukan oleh Bapak – Bapak, sungguh sangat luar biasa.

Segala sesuatu yang kita lakukan harus diawali dengan “ keberanian “ dalam  melangkah dan keluargapun harus ikut mendukung agar bisa terlaksana dengan baik dan ada hasilnya.

Seiring dengan berjalannya waktu , umur bertambah.

Berikut cerita saya :

Saya sempat Stres pada tahun 2011 , saat itu saya menjadi SC di DSO Garut. Pola makan tidak teratur , selama 3 hari 3 Malam saya tidak bisa tidur. Karena stress akhirnya saya sakit dan dirawat di Rumah Sakit. Tahun 2011 anak pertama masih kuliah , anak kedua masih SMA , anak ke-3 masih SD ( kls 6) dan tidak lama lagi  saya akan pensiun kerja di Djarum. Beban pikiran, stress & bingung ???  Uang pensiun mau diapain ??

Maret 2012, saya mutasi di RSO ( Otten 10 ) justru tambah stress  ,baru 2 minggu kerja langsung masuk Rumah Sakit.

Awal tahun 2013 dengan kendaraan Avanza  memberanikan diri untuk mencoba Kanvas jalur  kota dan pinggiran. Saya mencoba berjualan Rokok , Kopi , Obat-obatan & Santan  jadi. Saya punya jaringan retail sebanyak 20, hasilnya tidak memuaskan karena tidak bisa bersaing dengan pelanggan kota.

Kemudian saya masuk kepasar tradisional, sekalian melakukan survey , mencari tahu kebutuhan pasar  yang tidak  banyak bersaing ( terutama dalam masalah harga ) dengan pelanggan pasar.

Saya temukan kebutuhan pasar yaitu Krupuk , trasi , dan bumbu dapur . Rokok dan obat saya tinggalkan ( sisa stok dilelang ke pelanggan )

Krupuk rasa tengiri ( harga Rp 65.000,- / bal isi 5 kg ,) saya belanja di  Bandung  dan rasa bawang ( harga Rp 22.500,- / bal isi 3 kg )    + Bumbu pecel merk Sinti, saya ambil langsung dari salesman Bandung dan Trasi ambil di pabrik Bandung

Barang lain : Masako , Royco , cabe bubuk , Santan kara , ambil di Pelanggan besar Subang dengan harga Nego.

Jaringan yang sudah bekerjasama sekitar  60 outlet ( Tukang ikan asin , tukang sayur ,Tukang Bumbu pasar , penggarapan baru  3 pasar ) opersional sampai jam 13.00, dan jaringan pedagang yang di pasar tradisional belum semua tergarap karena daya muat kendaraan masih minim ( kendaraan yang saya gunakan mini bus Avanza ). Omzet penjualan  dalam 2 hari ( sabtu dan minggu )

  1. Krupuk sumber sari 50 bal  keuntungan per bal Rp 4000,- – Rp 5000,-
  2. Krupuk bawang 150 bal  , keuntungan Rp 1500,- / bal
  3. Sinti ( bumbu pecel) 15 dus , keuntungan Rp 4000,-/ dus
  4. Santan kara 25 dus keuntungan Rp 3000 – Rp 4000,- / dus
  5. Masako dan Royco 10 dus, seringnya dijual modal, utk mengimbangi harga pelanggan   besar dipasar , sebagai pancingan agar pelanggan mau ambil barang yang lain.
  6. Trasi mateng  12 – 15 dus < keuntungan bisa Rp 15.000 – Rp 17.000,-/ dus
  7. Cabe bubuk  10 – 12 dus  (< keuntungan 2500 – 3000)

Perputaran uang sekitar 10 – 11 juta  / 2 hari  , keuntungan bersih selama 2 hari sekitar 300.000,- Rp 350.000. pengeluaran untuk BBM 2 hari Rp 100.000,- Honor helper Rp 70 Ribu.

Alhamdullah , awal tahun 2014 Avanza diganti dengan Gran max , daya muat lebih banyak , dan jaringan pelangganpun akan di tambah.

Kebutuhan barang lainpun akan ditambah seperti Emping , Tepung beras dan ketan , Soun , Bihun , Gula merah , Minyak Goreng.

Ini semua harus ada keberanian dan keuletan ( tidak perlu MALU walaupun di SCM ini kita ada di level 5 )

Pengalaman dan Trik-trik pembinaan pelanggan  sudah kita miliki, tinggal mempertajam saja , intinya adalah kedekatan kita dengan pelanggan. Kadang-kadang berikan hadiah mangkok , piring , sendok, atau yang lainnya.

Bagi Bapak-Bapak yang punya Relasi atau kenalan di daerah  yang menjual kebutuhan pasar lainnya  mohon saya  bisa dikenalkan , kalaupun itu merk (  barang) baru , saya sanggup menjadi Distributor tunggal utk wilayah Subang. Terima kasih sebelumnya

Demikian sharing pengalaman dari saya. Mudah-mudahan Bapak-Bapak dan saya setelah pensiun bisa mandiri dengan usaha dan penghasilan  yang maximal . Amin

Yang paling penting dari sekarang adalah “ JANGAN STRESS “ karena kehidupan ini sudah ada yang mengatur , asalkan kita ada usaha, TUHAN PASTI MEMBERIKAN JALAN. .

Salam

Wimpi Ristianto

Ex 31209

085223368388

Email :  wimpi.ristianto@gmail.com

Leave a Reply

14 − nine =